detikNews
Senin 06 Mei 2019, 14:57 WIB

Dishub Jabar Usul Tol Gratis saat Kendaraan Antre 4 Kilometer

Mukhlis Dinillah - detikNews
Dishub Jabar Usul Tol Gratis saat Kendaraan Antre 4 Kilometer Penumpukan kendaraan terjadi di Gerbang Tol Palimanan pada mudik Lebaran 2018. (Foto: Sudirman Wamad/detikcom)
Bandung - Dinas Perhubungan (Dishub) Jabar mengusulkan membebaskan biaya tol saat mudik Lebaran. Namun, biaya tol gratis itu berlaku kalau antrean kendaraan sebelum gerbang tol mencapai 4 kilometer.

Kadishub Jabar Hery Antasari mengatakan usulan tersebut merupakan hasil pembahasan internal. Nantinya, usulan tersebut akan disampaikan langsung kepada Kemenhub.

"Kita akan menyampaikan kepada kementerian apakah dimungkinkan jika terjadi antrean di pintu tol, kalau antreannya sudah mencapai 4 hingga 5 kilometer, maka dibebaskan saja. Jadi digratiskan," kata Hery di Gedung Sate, Kota Bandung, Senin (6/5/2019).
Kadishub Jabar Hery AntasariKadishub Jabar Hery Antasari (Foto: Mukhlis Dinillah/detikcom)
Rencananya, Menhub Budi Karya melakukan kunjungan ke Bandung pada Selasa (7/5/2019). Salah satu agendanya membahas mengenai persiapan mudik 2019 di Jabar.

"Jadi ini diskresi yang kita coba usulkan dan sampaikan ke Pak Menteri dalam rapat besok. Ini untuk mempercepat kelancaran arus mudik," kata Heri.

Sebelumnya, Gubernur Jabar Ridwan Kamil juga menyebut pemberlakuan e-Toll tidak juga mengurangi antrean di tol. Ia berbicara mengenai pembebasan biaya tol selama mudik Lebaran 2019.

"Saya analisa walaupun pake e-Toll macet juga. Apakah ada cara tidak usah bayar selama mudik, bayarnya nanti pascabayar. Pokoknya oleh sebuah cara sehingga tidak ada antrean," kata Emil di lokasi yang sama.
(mud/bbn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed