DetikNews
Senin 06 Mei 2019, 03:30 WIB

Caleg Artis Dominasi Suara di Kota Bandung

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Caleg Artis Dominasi Suara di Kota Bandung Rapat pleno hasil pemungutan suara di Kota Bandung (Foto: Dony Indra Ramadhan)
Bandung - Calon legislatif (caleg) DPR RI dari kalangan artis mendominasi raihan suara tertinggi dalam pemilu 2019 di Kota Bandung. Ada wajah baru dari kalangan artis yang melenggang ke Senayan.

Raihan suara para caleg dari daerah pemilihan (Dapil) Jawa Barat I telah diumumkan dalam rapat pleno terbuka KPU tingkat Kota Bandung yang digelar di Hotel Horison, Jalan Pelajar Pejuang, Kota Bandung, Minggu (5/5/2019). Namun raihan suara para caleg ini belum final lantaran harus menunggu pleno Kota Cimahi yang rencananya baru digelar besok, Senin 6 Mei 2019.

Berdasarkan penghitungan suara KPU Kota Bandung, raihan suara para caleg artis terbilang cukup tinggi. Raihan suara berada di atas 20.000.

Dari partai PDIP misalnya,ada 2 artis di Dapil Jabar 1 yakni Junico BP Siahaan alias Nico Siahaan dan Kirana Larasati. Nico memperoleh 58.216 suara sedangkan Kirana memperoleh 26.234 suara.

Di partai Golkar, ada Nurul Arifin yang perolehan suaranya tertinggi dibanding caleg dari Golkar lainnya di Dapil Jabar 1. Artis era 90an ini meraih 30.746 suara.

Sementara untuk NasDem ada nama Muhammad Farhan. Penyiar sekaligus presenter ini memperoleh 44.099 suara. Dia diprediksi melenggang ke Senayan.

Selain itu ada artis lainnya yang memperoleh suara di atas 20 ribu. Namun berdasarkan quick count sementara nasional parpol kedua artis tersebut tak lolos ke Senayan. Keduanya yakni Giring Ganesha alias Giring 'Nidji' caleg PSI yang memperoleh 40.125 suara dan Choky Sitohang caleg Perindo yang memperoleh 27.941 suara.

Ketua DPC NasDem Heri Mos memastikan ada satu kursi dari NasDem dapil Jabar 1 yang akan ke Senayan. Kursi itu dimiliki oleh Farhan.

"Untuk yang ke DPR ada Farhan. Farhan pertama kali lolos ke DPR karena mungkin dia punya popularitas dan kerjanya juga massif. Ini sesuai prediksi dari kami. Karena memang sangat wajar kalau NasDem tergantung dari kekuatan caleg," ucap Heri saat ditemui di lokasi pleno KPU Kota Bandung.



Tonton juga video Digadang-gadang Bakal Masuk DPRD DKI Jakarta, Apa Kata Tina Toon?:

[Gambas:Video 20detik]


(mud/ern)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed