DetikNews
Minggu 05 Mei 2019, 19:09 WIB

Hilal Tak Terlihat, Bosscha: Kriteria Lain Memenuhi Syarat

Yudha Maulana - detikNews
Hilal Tak Terlihat, Bosscha: Kriteria Lain Memenuhi Syarat Ilustrasi Bosscha (Foto: (rizkichuk/d'Traveler)
Bandung - Tim Observatorium Bosscha tak bisa melihat hilal dari dua titik pemantauan, baik di Lembang maupun Kupang pada Minggu (5/5/2019). Kendati begitu, kriteria 1 Ramadan 1440 H telah ditetapkan berbagai lembaga.

"Sudah memenuhi tinggi dan elongasi, kalau menurut wujudul hilal nol derajat, MABIMS dua derajat, LAPAN empat derajat dan di sini kita melihat sudah 6,3 derajat," ujar Peneliti Observatorium Bosscha, Evan Irawan Akbar di lokasi pengamatan Bosscha, Minggu (5/5/2019) malam.

Sebelumnya, hilal tak terlihat karena tertutup awan mendung sejak pukul 14.30 WIB. "Hasil dari Bosscha ini dilaporkan ke sidang isbat, hasil ini akan didiskusikan akan puasa atau tidak," kata Evan.

Rukyatul hilal ini, ujar Evan, dilakukan pada sore hari dan deteksi sabit bulan dilakukan setelah Matahari terbenam. Sabit yang tampak setelah Matahari terbenam ini disebut sebagai hilal.


Waktu munculnya hilal ini diprediksi pada pukul 17.41 hingga 18.08 WIB. "Kalau tertutup awan hilal tidak akan terlihat," ujarnya.

Selain di Lembang Tim Observatorium Bosscha juga melakukan pengamatan di Kupang, Nusa Tenggara Timur. Pengamatan dilakukan di kampus Universitas Nusa Cendana (UNDANA), tepatnya di rooftop Asrama Rusunawa
PPG UNDANA.

Pengamatan menggunakan teleskop berukuran 106 mm berjenis refraktor dan detektor kamera berbasis CCD, yang dilanjutkan dengan proses pengolahan citra.


Simak Juga Antusias Netizen Sambut Ramadhan:

[Gambas:Video 20detik]


(mud/mud)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed