PKB Klaim Raih 13 Kursi di DPRD Jawa Barat

Tri Ispranoto - detikNews
Kamis, 02 Mei 2019 20:25 WIB
PKB mengklaim telah meraih 13 kursi di DPRD Jabar. (Foto: Dok. DPW PKB Jabar)
Bandung - Ketua DPW PKB Jawa Barat Syaiful Huda menyebut ada sebanyak 13 kadernya berhasil duduk sebagai anggota DPRD Jabar hasil Pemilu Serentak 2019. Hal itu dipastikan setelah PKB melakukan real count.

"Dari laporan seluruh 27 DPC se-Jabar hasilnya PKB mengalami kenaikan dari sebelumnya 7 kursi di DPRD Jabar menjadi 13 kursi. Naik 6 kursi," ujar Huda dalam rilis yang diterima detikcom, Kamis (2/5/2019).


Dengan raihan tersebut, Huda optimistis PKB bakal menempatkan satu orang di kursi pimpinan DPRD Jabar. "Baru pertama kalinya PKB mendapat unsur pimpinan DPRD Provinsi Jawa Barat. Minimal wakil ketua DPRD," ucapnya.

Tidak hanya di tingkat provinsi, Huda mengklaim meraih di tingkat kabupaten/kota se-Jabar juga mengalami peningkatan. Ia menyebut, dari semula total 97 kursi se-Jabar kini meningkat menjadi 136 kursi.

Sama halnya dengan tingkat pusat atau DPR RI. Pada pemilu kali ini PKB menambah meraih kursi dari semula hanya 7 orang menjadi 9 orang.

"Dengan posisi ini, kami akan bantu Kang Ridwan Kamil (Gubernur Jabar) untuk menyukseskan kepemimpinan beliau," katanya.


Dalam rilis yang sama, pengamat politik UPI Karim Suryadi menilai dengan meraih 13 kursi di DPRD Jabar, PKB memiliki kesempatan besar untuk mengusung calon pada Pilgub 2023 mendatang.

"Sebuah deposit politik yang penting. PKB hanya butuh 7 persen, itu berarti PKB tidak lagi bisa digantung oleh dua kekuatan lain karena mencari satu mitra lebih mudah daripada mencari dua mitra. Kalau pada Pilgub sebelumnya PKB mengalah untuk mendapatkan posisi wagub karena kursinya kurang, tapi sekarang deposit sudah di tangan. Tinggal mencari tujuh persen sehingga PKB bisa mengambil kursi nomor satu dan memberikan 7 persen kepada wakil gubernurnya," katanya. (tro/bbn)