Rayakan May Day, Ribuan Buruh Garut Senam Bareng Wakil Bupati

Hakim Ghani - detikNews
Rabu, 01 Mei 2019 14:14 WIB
Foto: Hakim Ghani
Garut - Perayaan Hari Buruh Internasional di Garut, Jabar, berlangsung berbeda. Bukan melakukan aksi unjuk rasa, buruh di Garut melakukan aksi senam massal bareng pegawai di lingkungan Pemkab Garut dan juga Wakil Bupati.

Kegiatan itu dilaksanakan di Lapangan SOR Merdeka Kherkoff, Jalan Merdeka, Tarogong Kidul, Rabu (01/05/2019). Ribuan buruh dari berbagai perusahaan kecil dan besar di Garut ikut ambil bagian.

Wabup Garut Helmi Budiman hadir dalam acara. Mereka berkumpul sejak pagi. Aksi senam massal dimulai sekitar pukul 10.30 WIB.

Menurut Helmi, senam massal bersama buruh ini digelar untuk mempererat silaturahmi antarburuh yang berdomisili di Garut.

"Hari ini kita gunakan untuk bersilaturahmi. Kalau semua jumlah buruh di Garut ada 42 ribu," ujar Helmi kepada wartawan di lokasi.

Aksi tersebut berjalan lancar. Ribuan buruh yang hadir terlihat antusias merayakan harinya. Selain senam massal, di lokasi juga digelar pembuatan akta kelahiran dan perpanjangan SIM.

"Kegiatan ini, Hari Buruh, lebih positif dan bermanfaat," kata Helmi.

Meskipun tak ada aksi unjuk rasa, Helmi mengaku Pemkab Garut tetap mendengar aspirasi para buruh Garut. Salah satunya pemberian upah setara Upah Minimum Kabupaten (UMK).

"Sudah 30 persen perusahaan di Garut yang memberlakukan UMK," ungkapnya. (ern/ern)