detikNews
Senin 29 April 2019, 15:47 WIB

Bruk, Pohon Tumbang Tewaskan Tukang Ojek di Garut

Hakim Ghani - detikNews
Bruk, Pohon Tumbang Tewaskan Tukang Ojek di Garut Foto: Hakim Ghani
Garut - Sebuah pohon randu raksasa di Kabupaten Garut tumbang menimpa jalan dan kendaraan yang melintas. Seorang tukang ojek tewas, dua lainnya luka parah.

Kejadian tersebut berlangsung Senin (29/4/2019) siang di Jalan Bratayudha, Kecamatan Garut Kota. Menurut Kapolsek Garut Kota Kompol Uus Susilo insiden itu terjadi sekitar pukul 13.00 WIB.

"Kejadiannya siang, jadi ada pohon beringin yang keropos tumbang menimpa pohon randu. Pohon randu itu kemudian tumbang ke jalan dan menimpa yang ada di sana," ujar Uus kepada wartawan di lokasi, hari ini.

Uus mengatakan, pohon tersebut berukuran sekitar 10 meter. Saat kejadian, pohon menimpa kendaraan yang tengah melintas dan sejumlah tukang ojek yang biasa mangkal di tempat itu.

"Kebetulan itu ada tukang ojek yang biasa mangkal di situ. Saat kejadian kayaknya mereka ada di situ (tertimpa)," katanya.

Pohon tumbang menutup seluruh badan Jalan Bratayudha. Ada 3 sepeda motor dan satu angkutan kota (angkot) yang rusak parah akibat tertimpa. Selain itu, material pohon juga memutuskan kabel listrik di sekitar lokasi. Aliran listrik ke rumah warga padam.

Seorang tukang ojek bernama, Fadna (40), warga Kecamatan Garut Kota tewas tertimpa pohon. Sedangkan dua orang korban lainnya yang merupakan pengguna jalan mengalami luka cukup serius karena tertimpa reruntuhan.

"Untuk korban yang meninggal maupun luka sudah dievakuasi ke rumah sakit. Kita sekarang fokus evakuasi pohonnya karena jalanan ini tertutup semua oleh material," ungkap Uus.

Hingga pukul 14.58 WIB, petugas dari TNI, Polri, BPBD dan Dinas Pemadam Api Garut masih melakukan evakuasi bangkai pohon. Mereka terlihat menggunakan gergaji mesin untuk memotong-motong batang pohon.

Sementara itu, arus lalu lintas masih lumpuh. Petugas mengalihkan arus lalin menuju Jalan Bratayudha ke Jalan Ahmad Yani.


(ern/ern)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed