DetikNews
Jumat 26 April 2019, 17:10 WIB

Bappenas-Pemkot Kerja Sama Kembangkan Metropolitan Bandung Raya

Mochamad Solehudin - detikNews
Bappenas-Pemkot Kerja Sama Kembangkan Metropolitan Bandung Raya Bappenas-Pemkot sepakat kerja sama pengembangan metropolitan Bandung Raya. (Foto: Mochamad Solehudin/detikcom)
Bandung - Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Bappenas menjalin kerja sama dengan Pemerintah Kota Bandung untuk mengembangkan Metropolitan Bandung Raya. Salah satu fokus kerja sama yang disiapkan menyangkut pengembangan sistem transportasi massal.

Perjanjian kerja sama tersebut ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman antara Menteri PPN Bambang Brodjonegoro dengan Wali Kota Bandung Oded M Danial. Kedua pihak berkomitmen untuk bersama-sama mengembangkan kawasan Metropolitan Bandung Raya.

"Kerja sama ini untuk memberi pendampingan proses perencanaan dan penganggaran terutama proyek prioritas di Kota Bandung seperti infrastruktur, transportasi, layanan dasar dan yang lain," kata Bambang di Pendopo, Kota Bandung, Jumat (26/4/2019).


Selain itu, pihaknya juga akan mendorong Pemerintah Kota Bandung agar tidak selalu mengandalkan APBD, APBN dalam proses pembangunan. Menurutnya perlu inovasi yang dilakukan agar program pembangunan bisa berjalan sesuai dengan yang diharapkan.

"Wali kota jangan bergantung APBD kota, APBD Provinsi atau APBN. Harus kembangkan skema KPBU atau Pembiayaan Investasi Non Pemerintah (PINA)," ucapnya.


Sementara itu, Wali Kota Bandung Oded M Danial menyambut positif jalinan kerja sama tersebut. Dia optimistis kerja sama yang dilakukan bisa membantu menyelesaikan berbagai masalah di Kota Bandung, seperti infrastruktur hingga pelayanan dasar pemerintah kota dan lainnya.

"Saya punya cita-cita ingin bangun Bandung ke depan jadi kota metropolitan. Ingin melibatkan bersama dengan kota/kabupaten tetangga. Karena saya punya keyakinan membangun Bandung tidak cukup dibangun secara parsial," ujarnya.
(mso/tro)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed