Soal May Day, Kapolda Jabar: Tak Ada Mobilisasi Buruh ke Jakarta

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Jumat, 26 Apr 2019 16:52 WIB
Irjen Agung Budi Maryoto saat pertemuan dengan sejumlah perwakilan membahas may day 2019. (Foto: Dony Indra Ramadhan/detikcom)
Bandung - Pihak kepolisian meminta para buruh untuk menciptakan kondusifitas saat peringatan hari buruh atau may day di Jawa Barat. Polisi siap mengawal jalannya may day pada 1 April nanti.

"Mari ciptakan situasi yang sudah kondusif ini. Saya kira tentu namanya ulang tahun harus mensyukuri. Pesta ulang tahun biasanya gembira, kalau berdarah-darah bukan pesta," ucap Kapolda Jawa Barat Irjen Agung Budi Maryoto saat menemui perwakilan buruh di Mapolda Jabar, Jalan Soekarno Hatta, Kota Bandung, Jumat (26/4/2019).


Agung juga mengimbau para buruh untuk tidak mobilisasi ke Jakarta menyampaikan aspirasi. Menurutnya, sudah ada ruang yang disediakan Pemprov Jawa Barat untuk para buruh.

"Tadi sudah sepakat tidak ada mobilisasi (buruh) ke Jakarta dari Jawa Barat," tuturnya.


Polisi sendiri siap mengawal jalannya mayday. Sebanyak 17.260 personel seluruh Jawa Barat disiapkan untuk mengamankan may day baik di Kota Bandung atau daerah lainnya.

"Kita sudah satu persamaan tadi dari serikat buruh bahwa kegiatan akan dilakukan indoor dan outdoor di lingkungan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi. Saya sangat menyambut baik yang penting aspirasi bisa disampaikan tapi dengan cara yang santun," kata dia. (dir/tro)