Pelaksanaan USBN Tiga SDN di Tasikmalaya Digabung

Deden Rahadian - detikNews
Senin, 22 Apr 2019 10:44 WIB
Foto: Deden Rahadian
Tasikmalaya - Ujian sekolah berstandar nasional (USBN) siswa kelas VI sekolah dasar digelar serentak Senin (22/4/19) pagi. Tiga SDN di Tasikmalaya melaksanakan USBN di satu tempat yang sama. Selain untuk memudahkan distribusi dan pengawasan, hal ini dilakukan untuk mempermudah pengamanan soal ujian.

Ketiga sekolah yang ujiannya disatukan adalah SDN I Puspahiang, SDN Bukitdago dan SDN Barulaksana Puspasari. Jumlah peserta USBN ketiga sekolah ini 170 siswa.

Kepala Sekolah SDN I Puspahiang Yayat Wimtarhan mengatakan para siswa melaksanakan ujian berbasis kertas dan pensil untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia. Sebagian lagi memanfaatkan ruang belajar sekolah taman kanak kanak akibat kererbatasan ruangan.

"Untuk memudahkan komunikasi dengan kecamatan, pengawasan soal dan untuk antar pengawas ruangan disilang jadi lebih mudah," ujar Yayat ditemui di SDN 1 Puspahiang.

Tak jarang mereka juga bertukar lembar soal ujian jika terjadi kekurangan atau keruksakan lembar soal di salah satu sekolah hingga USBN tidak molor.

"Untuk memudahkan komunikasi dengan kecamatan, pengawasan soal dan untuk antar pengawas ruangan disilang jadi lebih mudah," tambah yayat.

Pengisian lembar soal berbeda dari tahun sebelumnya, yang dibulati seluruh kolom lembar jawaban. kali ini, siswa cukup menceklis kolom pilihan dalam lembar jawaban.

"Lebih mudah diceklis ajah pak," ujar Hendi, salah satu siswa.

Pelaksanaan USBN sekolah dasar ini berbarengan dengan UNBK SMP. (ern/ern)