DetikNews
Kamis 18 April 2019, 11:50 WIB

Pelantikan Bupati dan Wabup Ciamis Digelar 20 April

Dadang Hermansyah - detikNews
Pelantikan Bupati dan Wabup Ciamis Digelar 20 April Bupati dan Wakil Bupati Ciamis terpilih Herdiat Sunarya dan Yana D Putra. (Foto: Dadang Hermansyah/detikcom)
Ciamis - Pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Ciamis terpilih Herdiat Sunarya dan Yana D Putra (HY) akan dilaksanakan pada Sabtu 20 April 2019.

Sebelumnya, pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Ciamis ini ditunda oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dari 7 April menjadi setelah Pemilu berdasarkan surat edaran dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Nomor 131/2473/SJ.

Keputusan ini sempat menuai polemik dari sejumlah kalangan masyarakat Ciamis. Mereka meminta agar pelantikan dilaksanakan 7 April 2019. Bahkan sempat akan melakukan aksi demo. Namun pasangan HY menerima apapun keputusan pusat dan meminta pendukung bersabar.


Akhirnya, Pemerintah Provinsi Jawa Barat menunaikan janjinya untuk segera melantik Bupati Ciamis. Sudah dijadwalkan bahwa pelantikan dilaksanakan tiga hari setelah Pemilu 2019 dilaksanakan. Bahkan surat undangan sudah diterima oleh tamu undangan di Pemkab Ciamis.

"Kami akan menghadiri Pelantikan Bupati Ciamis, dilaksanakan hari Sabtu 20 April 2019 jam 8.00 WIB di Gedung Sate. Persiapan sudah dilaksanakan, memang sebelumnya juga kami sudah siap," ujar Plh Bupati Ciamis Asep Sudarman, Kamis (18/4/2019).

Setelah dilaksanakan pelantikan, Asep menjelaskan akan dilaksanakan serah terima jabatan dari Iing Syam Arifin kepada Herdiat. Namun untuk waktu dan pelaksanaannya masih dirapatkan oleh Pemkab Ciamis.

"Sesuai peraturan, setelah selesai pelantikan dilaksanakan seremonial serah terima jabatan dari Bupati sebelumnya kepada Bupati baru," katanya.


Sedangkan untuk Paripurna penyampaian visi dan misi akan dilaksanakan oleh DPRD Kabupaten Ciamis. Mengingat saat ini para anggota DPRD tengah memantau proses penghitungan suara hasil Pemilu 2019, sehingga jadwalnya belum dipastikan.

"Kalau visi misi itu ranah di DPRD, jadi kami menunggu kabar. Sekarang kan baru selesai pencoblosan, proses penghitungan suara berlangsung," ujar Asep.
(tro/tro)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed