DetikNews
Rabu 17 April 2019, 12:13 WIB

Mantap! Penyandang Disabilitas Antusias Nyoblos di TPS Wyataguna

Mochamad Solehudin - detikNews
Mantap! Penyandang Disabilitas Antusias Nyoblos di TPS Wyataguna Penyandang disabilitas di Bandung menyampaikan hak pilihnya di Pemilu 2019. (Foto: Mochamad Solehudin/detikcom)
FOKUS BERITA: Mantap Memilih!
Bandung - Puluhan penyandang disabilitas di TPS 06 dan 07, Kelurahan Pasirkaliki, Kecamatan Cicendo, Kota Bandung, cukup antusias menggunakan hak pilihnya di Pemilu 2019. Namun mereka mengaku ada kesulitan saat mencoblos, terutama saat memilih para calon anggota legislatif.

Pantauan di lapangan, sejumlah warga sudah berdatangan ke TPS 06 dan 07 yang berada di area Panti Sosial Bina Netra (PSBN) Wyataguna, Kelurahan Pasirkaliki, Kecamatan Cicendo, Kota Bandung, sejak Rabu (17/4/2019) pagi. Selain melayani warga biasa di dua TPS itu juga banyak melayani pemilih dari penyandang disabilitas netra.


Salah seorang penyandang disabilitas netra Yudi Winarmoko (43) mengaku cukup senang bisa ikut berpartisipasi dalam pesta demokrasi lima tahunan. Dia telah menyalurkan suaranya di salah satu bilik suara yang ada di TPS 07.

Hanya saja saat mencoblos dia sedikit kesulitan saat memilih para calon wakil rakyat. Selain jumlah calonnya banyak, ukuran surat suaranya juga cukup besar sehingga menyulitkannya saat akan memilih.

"Kesannya saya menyenangkan (di Pemilu kali ini). Kedua memang aga sedikit ribet terutama saat memilih anggota DPR, kertasnya gede sekali. Tapi tidak apa ini satu bagian dari proses demokrasi," kata Yudi, usai mencoblos.


Meski mengalami kesulitan, dia memastikan semua surat suara dicoblosnya. Bahkan dia mengaku, telah menyiapkan nama-nama calon yang akan dipilihnya sebelum masuk ke dalam bilik suara.

"Semua dicoblos menurut selera kita. Saya punya pilihan pribadi dan sudah disiapkan," ucapnya.

Mantap! Penyandang Disabilitas Antusias Nyoblos di TPS WyatagunaPenyandang disabilitas di Bandung menyampaikan hak pilihnya di Pemilu 2019. (Foto: Mochamad Solehudin/detikcom).
Dalam kesempatan tersebut, dia berharap para pemimpin yang terpilih bisa membawa perbaikan untuk bangsa Indonesia. Terutama para pemimpin yang terpilih nanti bisa lebih memerhatikan nasib para penyandang disabilitas.

"Saya harap bisa lebih perhatikan nasib disabilitas. Terutama terkait akses jalan yang ramah untuk disabilitas," ujar Yudi.

Penyandang disabilitas netra Heri Purnomo juga sedikit mengalami kesulitan saat menyalurkan suaranya. Dia bahkan menyebut para caleg kurang bersosialisasi ke kalangan disabilitas sehingga banyak yang tidak dikenal.

"Kalau untuk DPR RI ini kayaknya kurang mereka kampanye ke kami. Saya enggak banyak tau tentang mereka. DPRD provinsi juga sama, cuman untuk DPD nyoblos karena ada yang dikenal. Tapi untuk DPRD dan DPR pilih partainya saja yang saya tahu," tutur Heri.


Sementara itu, di TPS 06 ada sebanyak 222 warga yang masuk dalam DPT. Dari jumlah tersebut sebanyak 48 warga merupakan penyandang disabilitas. "33 laki-laki, 15 perempuan," kata Ketua KPPS 06 Suryaman.

Untuk di TPS 07 ada sebanyak 229 warga yang masuk dalam DPT. Dari jumlah itu sebanyak 49 orang penyandang disabilitas. "Selain itu di TPS 07 ada 26 pemilih disabilitas pindahan yang memiliki form A5," ujarnya.


Tonton juga video Di TPS Ini Kamu Bisa Berswafoto Usai Nyoblos:

[Gambas:Video 20detik]


(mso/bbn)
FOKUS BERITA: Mantap Memilih!
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed