detikNews
Rabu 17 April 2019, 09:53 WIB

Melihat Semangat Warga Korban Banjir Bandung Tetap Nyoblos ke TPS

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Melihat Semangat Warga Korban Banjir Bandung Tetap Nyoblos ke TPS Warga korban banjir di Kabupaten Bandung tetap semangat untuk mencoblos. (Foto: Dony Indra Ramadhan/detikcom)
FOKUS BERITA: Mantap Memilih!
Bandung - Warga korban banjir di Kabupaten Bandung turut menggunakan hak pilihnya dalam Pemilu 2019. Meski harus menggunakan perahu dari rumah, mereka antusias mencoblos. Seperti apa momen pencoblosan korban banjir ini?

Berdasarkan pantauan detikcom pada Rabu (17/4/2019) pagi di Kampung Cijagra, Desa Bojongsoang, Kecamatan Bojongsoang, Kabupaten Bandung, warga sudah mulai datang ke tempat pemungutan suara (TPS). Ada dua lokasi pencoblosan bagi warga Cijagra terdampak banjir.


Sebagian korban banjir yang tinggal di pengungsian cukup melangkah ke TPS. Tapi bagi warga yang tetap bertahan di rumahnya masing-masing, harus menggunakan perahu menuju TPS.

Tak mudah bagi sebagian warga yang masih bertahan di rumah menuju ke TPS. Mereka harus menumpang perahu yang disiapkan aparat Polri dan TNI. Di Jalan Raya Bojongsoang, mereka lantas berjalan menuju TPS yang jaraknya sekitar 500 meter.

Di gudang tango yang merupakan lokasi pengungsian, terdapat 4 TPS yakni TPS 36, 37, 38 dan 39. TPS dibangun berderet dengan batas berupa terpal berwarna hijau.

Warga tampak memenuhi area tersebut. Di beberapa TPS, mereka mengantre menunggu giliran mencoblos.
Melihat Semangat Warga Korban Banjir Tetap Mencoblos di TPSFoto: Dony Indra Ramadhan
Pelaksanaan pencoblosan sendiri berjalan tertib. Sebelum masuk ke area TPS, mereka melihat daftar nama-nama caleg baik DPRD Kabupaten, Provinsi, DPR RI maupun DPD. Terpasang juga foto paslon capres-cawapres beserta visi misi masing-masing.

"Alhamdulillah meskipun rumah mereka kebanjiran, tapi semangat mereka sangat tinggi. Sampai sekarang saja sudah ada 40 warga yang mencoblos," ucap Asep Al Ajid, Ketua TPS 36 saat ditemui di lokasi.
Melihat Semangat Warga Korban Banjir Tetap Mencoblos di TPSFoto: Dony Indra Ramadhan
Asep mengatakan warga tak menemukan kesulitan dalam mencoblos. Menurutnya warga juga telah diberi informasi tata cara pencoblosan sehingga tak terkendala saat menggunakan hak pilihnya.

"Mereka sudah tahu, di depan juga sudah ada tata cara pencoblosan," katanya.
(dir/tro)


FOKUS BERITA: Mantap Memilih!
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com