DetikNews
Selasa 16 April 2019, 15:47 WIB

BPJS Karawang Siap Biayai Penyembuhan Caleg Depresi

Luthfiana Awaluddin - detikNews
BPJS Karawang Siap Biayai Penyembuhan Caleg Depresi Kepala BPJS Kesehatan Karawang Unting Patri Wicaksono (Foto: Luthfiana Awaluddin/detikcom)
Karawang - BPJS Kesehatan Cabang Karawang bakal membiayai pengobatan para caleg yang depresi akibat gagal dalam Pemilu 2019. Penyembuhan caleg ini meliputi depresi ringan dan sedang hingga berat, bahkan gangguan jiwa.

"Para caleg tak perlu khawatir, jika depresi karena gagal pemilu akan kami biayai sampai sembuh. Asal terdaftar, punya kartu dan aktif membayar premi," kata Kepala BPJS Kesehatan Cabang Karawang Unting Patri Wicaksono kepada detikcom di kantornya, Jalan Ahmad Yani, Selasa (16/4/2019).


Menurut Unting, skema klaim penderita depresi akibat gagal pemilu tak berbeda dengan skema penyakit pada umumnya. "Sesuai peraturan menteri, skema untuk pasien depresi atau gangguan jiwa tak ada bedanya dengan penyakit fisik umum," tutur dia.

Penyakit yang dialami caleg gagal, kata Uting, diakomodasi BPJS Kesehatan melalui Jaminan Kesehatan Nasional dan Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS).

Payung hukum mengenai pengobatan caleg depresi, menurut Uting, terdapat dalam Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 59 Tahun 2014 tentang Standar Tarif Pelayanan JKN. Dalam beleid itu, BPJS bisa membiayai peserta yang menderita depresi, gangguan kepribadian, gangguan bipolar, skizofrenia dan berbagai penyakit mental lainnya.

"Selama diagnosis caleg itu terdapat dalam Permenkes 59 tahun 2014, kami bisa layani sampai sembuh," tutur Uting.


BPJS, kata Uting, bakal mengobati para caleg yang depresi mulai pemeriksaan awal, sejak dari puskesmas, poliklinik hingga dirujuk ke RSJ Cisarua. "Bahkan, jika para caleg stress mesti dirujuk ke RSJ akan kami biayai," kata dia.

Saat ini diketahui ratusan caleg asal Karawang bakal berkompetisi di Pileg tingkat Kabupaten, Provinsi hingga pusat. "Meski di Karawang belum ada RSJ, para caleg yang depresi bisa berobat ke poli jiwa di Rumah Sakit Islam Karawang," ujar Uting.
(bbn/bbn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed