detikNews
Selasa 16 April 2019, 11:18 WIB

Distribusi 979 Kotak Suara Pilpres di Kota Cirebon Terhambat

Sudirman Wamad - detikNews
Distribusi 979 Kotak Suara Pilpres di Kota Cirebon Terhambat Gudang penyimpanan kotak suara Pemilu 2019 di Kota Cirebon. (Foto: Sudirman Wamad/detikcom)
Jakarta - KPU Kota Cirebon tengah sibuk mempersiapkan distribusi logistik Pemilu 2019, utamanya kotak suara untuk pemilihan presiden (pilpres). Hingga kini kotak suara untuk pilpres masih berada di gudang KPU.

Belum didistribusikannya kotak suara untuk pilpres tersebut lantaran adanya keterlambatan formulir model C yang diterima KPU Kota Cirebon. "Kami masih melakukan persiapan, ya finalisasi kesiapan logistik. Hal ini karena beberapa elemen logistik baru datang tadi malam, yaitu formulir model C," ucap Ketua KPU Kota Cirebon Didi Nursidi saat ditemui detikcom di gudang logistik di Jalan Pronggol Kecamatan Lemahwungkuk, Kota Cirebon, Jabar, Selasa (16/4/2019).

Menurut dia, formulir model C, yakni C3 hingga C7 dalam pendistribusiannya harus sepaket dengan kotak suara pilpres. Formulir model C tersebut, lanjut Didi, dimasukkan ke dalam kotak suara pilpres sebelum didistribusikan ke PPK dan PPS.

"Karena datang tadi malam, sehingga pengesetan kotak suara pilpres jadi terhambat. Karena harus satu paket. Total kotak suara pilpres ada 979 kotak, masih di dua gudang," kata Didi.

Kendati demikian, Didi mengaku kondisi tersebut tak berdampak secara teknis dalam pendistribusian logistik pemilu. Selain kotak suara pilpres yang terhambat, Didi menyebutkan logistik pemilu untuk Kota Cirebon masih belum lengkap. KPU masih menunggu pengiriman surat suara pengganti sebanyak 1.084 untuk DPD.

"Surat suara pengganti untuk surat suara yang rusak itu sedang dalam perjalanan. Katanya masih di tol. Itu untuk surat suara DPD di tiga TPS," katanya.

Didi menjamin proses distribusi logistik pemilu bisa dirampungkan hari ini. "Secara prinsip kita sudah siap," ucap Didi.


Saksikan juga video '5 Surat Suara di Pemilu 2019, Yuk Kenali Warna dan Cirinya':

[Gambas:Video 20detik]


(bbn/bbn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com