detikNews
Minggu 14 April 2019, 12:10 WIB

Masa Tenang, APK Pemilu 2019 Masih 'Menjamur' di Kota Bandung

Mochamad Solehudin - detikNews
Masa Tenang, APK Pemilu 2019 Masih Menjamur di Kota Bandung Petugas mulai bersihkan APK Pemilu 2019 di Kota Bandung. (Foto: Mochamad Solehudin/detikcom)
Bandung - Memasuki masa tenang kampanye Pemilu 2019, berbagai alat peraga kampanye (APK) masih mengotori sejumlah titik di Kota Bandung. Seperti di kawasan Jalan Tamansari, Jalan Ir H Djuanda dan titik lainnya.

Pantauan detikcom Minggu (14/4/2019), terlihat berbagai baliho berisi wajah pada caleg dan capres-cawapres masih menghiasi daerah Jalan Tamansari. Wajah caleg dari sejumlah partai politik hingga siang ini belum diturunkan.


Selain itu, di perempatan Jalan Ir H Djuanda juga masih tampak berbagai baliho dan spanduk para caleg juga yang belum diturunkan. Namun beberapa di antaranya sudah mulai diturunkan oleh para petugas.

Di tempat lainnya, Jalan Perintis Kemerdekaan, sejumlah petugas tampak sedang menurunkan baliho. Berdasarkan keterangan dari salah seorang petugas proses penertiban APK sudah dimulai sejak Minggu dini hari.

"Dari jam 00.00 WIB kita bergerak, ada Satpol PP dan Linmas dari Kecamatan Sumur Bandung. Sekarang ada penyisiran di setiap kelurahan," kata seorang petugas pengawas Kelurahan Babakan Ciamis, Kecamatan Sumur Bandung, Deni Darmawan saat ditemui di sekitar Jalan Perintis Kemerdekaan.


[Gambas:Video 20detik]


Menurutnya sebanyak 23 orang petugas dikerahkan untuk melakukan penyisiran di wilayah Kelurahan Babakan Ciamis. Dengan begitu, diharapkan proses pembersihan APK bisa cepat dilakukan.

"Ini akan disisir per kelurahan. Ini masing-masing bergerak jadi tidak ada lintas koridor, jadi lebih efektif, lebih efisien tergarap," ucapnya.


Dihubungi terpisah, Ketua Bawaslu Jabar Abdullah mengatakan pihaknya sudah berkoordinasi dengan Satpol PP di setiap daerah untuk membantu membersihkan APK peserta Pemilu. Proses pembersihan sudah dimulai sejak tadi malam.

"Kita juga bekerja sama dengan pemda-pemda. Di beberapa daerah Bawaslu Kabupaten/Kota sudah berkoordinasi dengan Satpol PP untuk penertiban," ujarnya.


Tonton juga video 5 Surat Suara di Pemilu 2019, Yuk Kenali Warna dan Cirinya:

[Gambas:Video 20detik]


(mso/tro)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com