DetikNews
Kamis 11 April 2019, 13:04 WIB

Cegah Golput, Polri Jaga Pemilih Pemula dari Pengintimidasi

Yudha Maulana - detikNews
Cegah Golput, Polri Jaga Pemilih Pemula dari Pengintimidasi Kakorbinmas Baharkam Polri Irjen Widiyarso Herry Wibowo (Foto: Yudha Maulana/detikcom)
Bandung Barat - Polri menjamin keamanan bagi pemilih pemula pada Pemilu 2019. Sebab pemilih pemula rentan mendapatkan intimidasi atau ajakan untuk menjadi golongan putih (golput).

Kakorbinmas Baharkam Polri Irjen Widiyarso Herry Wibowo mengatakan pihaknya tak akan segan-segan menjerat pihak yang mengajak golput. "Kami mengharapkan agar masyarakat di Jawa Barat tidak golput," ucap Herry usai acara penyerahan sembako dan pengobatan rakyat di kantor Desa Lembang, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Kamis (11/4/2019).

"Kami TNI-Polri akan menjaga agar tidak ada intimidasi kepada pemilih pemula," ujar dia menambahkan.


[Gambas:Video 20detik]


Herry berkaca dari data Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) perihal data partisipasi pemilih pada Pilpres 2014. "2014 data dari KPU-Bawaslu cukup besar 30 persen. Swing voter atau pemilih pemula yang mencoblos hari Rabu depan liburan, kita khawatir," katanya.

Di samping itu, Herry mendorong agar warga tidak termakan berita hoaks dan ujaran kebencian jelang Pilpres 2019. Sebab, ujarnya, ajang pemilu bukanlah area peperangan.

"Ini demi pemilu yang berkualitas," ucap Herry.


Penyebar hoaks, sambung dia, akan ditangkap apabila terbukti. Herry menyebut saat ini penyebaran hoaks cukup masif serta menciptakan polarisasi di tengah masyarakat.

Dalam kesempatan tersebut, dia mengingatkan pencoblosan pada 17 April 2019 akan memakan durasi yang lebih lama, mengingat ada lima kertas suara yang harus dicoblos. "(Panitia) Harus menunggu sampai selesai. Diprediksi sampai malam," kata Herry.


Saksikan juga video 'Perludem: Pemilu Terlalu Sering Jadi Faktor Masyarakat Golput':

[Gambas:Video 20detik]


(bbn/bbn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed