DetikNews
Rabu 10 April 2019, 17:04 WIB

Bikin Petisi, Warga Tolak Skatepark di Taman Pramuka Bandung

Tri Ispranoto - detikNews
Bikin Petisi, Warga Tolak Skatepark di Taman Pramuka Bandung Taman Pramuka Bandung (Foto: Tri Ispranoto/detikcom)
Bandung - Pemkot Bandung akan merevitalisasi dan penambahan sejumlah fasilitas di Taman Pramuka. Nantinya taman ini akan menjadi youth space yang tidak hanya difungsikan untuk kegiatan pramuka. Salah satunya ada fasilitas skatepark.

Ternyata pembangunan tersebut mendapat penolakan dari warga melalui petisi di change.org berjudul 'Kembalikan Taman Pramuka Kota Bandung ke Fungsinya'. Petisi itu dibuat oleh A J Gunawan pada Selasa 9 April 2019 kemarin.

Petisi tersebut dibuat oleh Gunawan berdasarkan informasi rencana pemerintah yang akan melakukan revitalisasi Taman Pramuka menjadi sarana umum untuk youth space. Bahkan rencananya dibangun fasilitas tambahan seperti skatepark.

"Mempercantik taman pramuka adalah suatu hal yang baik sekali, akan tetapi apabila dipercantik dan dibuat banyak bangunan beton (skatepark dll) gerakan pramuka kota Bandung akan kehilangan tempat berlatih yang sangat strategis," tulis Gunawan dalam petisinya.


Gunawan menyebut saat ini gerakan Pramuka memerlukan ruang gerak di alam terbuka yang semakin jarang. Bahkan, di Kota Bandung, disebutnya hanya tinggal Taman Pramuka yang melingkar di Jalan Pramuka-Jalan LL RE Martadinata sebagai sarana latihan.

Menurutnya, Kota Bandung saat ini sudah memiliki banyak taman. Tetapi yang khusus untuk kegiatan Pramuka hanya tinggal satu yakni Taman Pramuka. Sehingga ia meminta agar pemerintah mengembalikan fungsi Taman Pramuka untuk pengembangan gerakan pramuka di Kota Bandung.

"Tolong percantik taman pramuka untuk 6,5 juta pramuka Jawa Barat berlatih menjadi pemuda harapan bangsa. Buatlah banyak area latihan alam bebas (high rope, low rope, flying fox, blade throwing). Lestarikan area kecil di tengah kota menjadi hutan kecil yang sehat, untuk para Pramuka berlatih Jangan jadikan public space atau hutan beton di tengah kota Bandung," tulis Gunawan.


Sejak keluarnya petisi ini banyak masyarakat yang berpartisipasi dengan menandatanganinya. Tercatat hingga Rabu sore pukul 16.05 WIB ada 7.285 akun yang setuju dengan petisi tersebut.

Pemkot Bandung menilai Taman Pramuka sangat potensial untuk dijadikan tempat berkumpul. "Namun penataan saat ini rasanya terlalu kaku, kurang memiliki daya tarik bagi pengunjung," ujar Sekda Kota Bandung Ema Sumarna dalam rilis yang diterima detikcom, belum lama ini.

Ketua Harian Kwarcab Pramuka Kota Bandung Deni Nurdyana Hadimin mengatakan youth space akan sangat mendukung acara pramuka di tempat tersebut.

Ia memastikan tidak ada pengalihan fungsi apalagi menghilangkan kegiatan kepramukaan. "Pokoknya kepemudaan, taman area bermain, bermain skateboard, ada mushola besar dan ada buat pengajian. Tapi tetap area untuk kegiatan kepramukaan bisa tetap dilaksanakan juga di situ," tutur Deni.
(tro/bbn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed