DetikNews
Rabu 10 April 2019, 16:51 WIB

Taman Pramuka Bandung akan Dilengkapi Skatepark

Tri Ispranoto - detikNews
Taman Pramuka Bandung akan Dilengkapi Skatepark Taman Pramuka Bandung. (Foto: Tri Ispranoto/detikcom)
Bandung - Pemkot Bandung berencana merevitalisasi Taman Pramuka. Bahkan nantinya taman itu akan ditambah sejumlah fasilitas hingga menjadi youth space dan sarana publik yang bisa dinikmati tidak hanya oleh Pramuka.

Sekda Kota Bandung Ema Sumarna menilai Taman Pramuka sangat potensial untuk dijadikan tempat berkumpul. "Namun penataan saat ini rasanya terlalu kaku, kurang memiliki daya tarik bagi pengunjung," kata Ema dalam rilis yang diterima detikcom, belum lama ini.

Nantinya, kata Ema, Taman Pramuka akan ditambah sejumlah fasilitas umum dan rekreasi seperti musala dan skatepark. Sekaligus penataan ruang terbuka agar lebih baik dan nyaman digunakan oleh masyarakat.

Revitalisasi Taman Pramuka, Pemkot Bandung Siapkan SkateparkPengerjaan revitalisasi Taman Pramuka Bandung. (Foto: Tri Ispranoto/detikcom)
Selain Taman Pramuka, revitalisasi juga akan dilakukan pada Taman Kitri yang berada tepat di seberangnya. Taman tersebut akan lebih ditata dan memiliki estetika ruang publik lebih baik juga nyaman untuk masyarakat.

"Kalau melihat ruang yang ada, Taman Kitri sebetulnya sangat representatif untuk dijadikan tempat berkumpul, khususnya bagi kawula muda Bandung. Di sekelilingnya banyak tempat-tempat yang digandrungi anak muda. Kalau penataan dua taman ini dibenahi, tempat ini akan menjadi youth space yang digandrungi masyarakat Kota Bandung," tutur Ema.

Ketua Harian Kwarcab Pramuka Kota Bandung Deni Nurdyana Hadimin mengatakan youth space akan sangat mendukung kegiatan pramuka di tempat tersebut. Ia memastikan tidak ada pengalihan fungsi apalagi menghilangkan kegiatan kepramukaan.

"Pokoknya kepemudaan, taman area bermain, bermain skateboard, ada musala besar dan ada buat pengajian. Tapi tetap area untuk kegiatan kepramukaan bisa tetap dilaksanakan juga di situ," katanya.

Revitalisasi Taman Pramuka, Pemkot Bandung Siapkan SkateparkArea Taman Pramuka Bandung. (Foto: Tri Ispranoto/detikcom)
Pantauan detikcom pada Rabu (10/4/2019) siang, sekeliling Taman Pramuka sudah ditutup oleh seng. Pagar yang semula mengelilingi taman tersebut pun sudah dibongkar semuanya.

Di dalam tidak terlihat ada aktivitas selain pembangunan oleh sejumlah pekerja. Mereka terlihat tengah merapikan bekas pagar yang dirobohkan dan membuat saluran air tepat di belakang gedung. Sementara di bagian lapangan tidak ada aktivitas apa pun.

Biasanya lapangan tersebut digunakan oleh anak-anak Pramuka seperti kemping atau kegiatan lainnya. Selain sampah menumpuk, kondisi taman tersebut juga terlihat tidak terawat sehingga membuat banyak tanaman liar tumbuh.
(tro/bbn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed