detikNews
Senin 08 April 2019, 12:22 WIB

Rajin Ibadah, 18 ODGJ Penghuni Panti AWA Sukabumi Bisa Nyoblos

Syahdan Alamsyah - detikNews
Rajin Ibadah, 18 ODGJ Penghuni Panti AWA Sukabumi Bisa Nyoblos 18 ODGJ di Panti AWA Sukabumi bisa nyoblos Pemilu 2019. (Foto: Syahdan Alamsyah/detikcom)
Sukabumi - Sebanyak 18 Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) di Panti Aura Welas Asih (AWA), Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, mendapat hak pilih pada pencoblosan Pemilu 2019 pada 17 April nanti.

Deni Solang, pemilik sekaligus pengelola panti mengatakan, pihaknya mengajukan sebanyak 32 ODGJ namun hasil verifikasi dan pemeriksaan lanjutan hanya 18 ODGJ yang bisa mencoblos.

"Kita ada 206 ODGJ yang dirawat di Panti AWA. Dari jumlah itu kita mengajukan sebanyak 32 orang, namun yang mendapatkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) hanya 18 orang. Itu pun punya kriteria khusus," kata Deni kepada detikcom, Senin (8/4/2019).


Menurut Deni, ada beberapa kriteria ODGJ yang diberikan hak pilih. Di antaranya kondisi sudah mulai pulih, sudah bisa mengurus diri sendiri, sudah bisa melakukan latihan kerja seperti membuat keset, tidak gelisah dan bisa diajak berkomunikasi.

"Satu lagi yang tidak kalah penting kriteria yang punya hak pilih adalah mereka rajin beribadah. Karena di panti kami membiasakan mereka untuk kembali mengenal tuhannya setelah jiwanya lama tersesat kemudian ODGJ yang punya hak pilih juga wajib memiliki e-KTP," katanya.



Deni menuturkan petugas KPU sudah dua kali melakukan verifikasi terhadap penghuni panti. Hal ini menurutnya adalah baru, mengingat hajat lima tahunan ini adalah kali pertama melibatkan ODGJ.

"Lima tahun yang lalu enggak ada, ditengok pun tidak. Untuk pemilu kali ini istimewa, petugas KPU yang nanti akan datang ke panti kita. Sepertinya semua panti juga akan secara mobile didatangi pihak KPU," ujarnya.
(sya/tro)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com