KPU Ciamis Distribusikan Logistik Pemilu Gunakan Jasa PT Pos

Dadang Hermansyah - detikNews
Jumat, 05 Apr 2019 20:42 WIB
Foto: Dadang Hermansyah
Bandung - KPU Ciamis mulai mendistribusikan logistik untuk Pemiilu dan Pilpres 2019. Tahap pertama, logistik yang didistribusikan ke 27 Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) berupa kotak suara dan bilik suara. KPU Ciamis menggunakan jasa PT Pos untuk mendistribusikan logistik tersebut.

"Sejak Pilkada kemarin kami menggunakan jasa PT Pos untuk mendistribusikan logistik, sekarang untuk Pemilu dan Pilpres juga kami menggunakannya lagi," ujar Ketua KPU Ciamis Agus Fatah Hidayat di Kantor KPU Ciamis, Jumat (5/4/2019).

Agus menjelaskan, alasan menggunakan Pos karena sudah terpercaya mampu mengirimkan barang hingga pelosok. Juga memiliki armada mobil boks tertutup, sehingga keamanan logistik terjamin.

Armada yang digunakan untuk mendistribusikan logistik Pemilu ini sebanyak 7 mobil boks. Terdiri dari mobil boks besar, sedang dan kecil. Untuk yang ukuran besar digunakan untuk mengirim di wilayah perkotaan. Yang sedang dan yang kecil digunakan untuk mengirim logistik sampai ke pelosok daerah. Dengan menggunakan mobil boks, logistik akan aman terutama dari hujan.

"Untuk distribusi sekarang itu kotak dan bilik suara serta kelengkapan lainnya untuk mencoblos, sedangkan surat suara itu diakhir. Target pengiriman sampai tanggal 8 April, sehingga tanggal 13 April sudah bisa didistribusikan hingga ke tingkat PPS," jelas Agus.
KPU Ciamis Distribusikan Logistik Pemilu Gunakan Jasa PT PosFoto: Dadang Hermansyah

Dalam distribusi ini, armada yang mengangkut logistik juga mendapat pengawalan ketat dari Polres Ciamis. Setiap armada dikawal menggunakan dua mobil polisi dengan posisi depan dan belakang.

"Mendapat pengawalan cukup ketat dari Polres Ciamis. Karena memang ini atensi untuk mengamankan," terang Agus.

Agus menjelaskan, panitia di daerah cukup antusias menyambut logistik tersebut. Bahkan beberapa diantaranya melakukan penyambutan yang cukup meriah.

Agus mengaku untuk logistik ini masih ada kekurangan termasuk surat suara, namun jumlahnya tak terlalu banyak. KPU Ciamis telah mengajukan untuk penambahan logistik. Optimis sebelum hari pencoblosan logistik sudah sesuai dengan yang dibutuhkan. (ern/ern)