detikNews
Selasa 02 April 2019, 17:02 WIB

Oded Koordinasi Lintas Wilayah Atasi Masalah Banjir Bandung Timur

Tri Ispranoto - detikNews
Oded Koordinasi Lintas Wilayah Atasi Masalah Banjir Bandung Timur Wali Kota Bandung Oded M Danial (Foto: Tri Ispranoto/detikcom)
Bandung - Wali Kota Bandung Oded M Danial bakal berkoordinasi lintas wilayah Bandung Raya yang terdiri dari Kota/Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat, Kota Cimahi dan Kabupaten Sumedang. Koordinasi tersebut dilakukan untuk membicarakan berbagai hal, salah satunya banjir di wilayah timur Kota Bandung.

Selama ini banjir yang terjadi di sejumlah titik termasuk timur Kota Bandung tak bisa lepas dari kondisi wilayah lain. "Untuk yang saat ini (banjir Ujungberung) kita harus koodinasi dengan lintas wilayah. Dan saya sudah ngobrol dengan Pak Dadang Naser (Bupati Bandung)," ujar Oded usai meninjau banjir di Kelurahan Pasirendah, Kecamatan Ujungberung, Kota Bandung, Selasa (2/4/2019).


Oded mengatakan selain berkoordinasi dengan lintas Bandung Raya, ia juga berharap peran Gubernur Jabar Ridwan Kamil terkait permasalahan tersebut.

"Selama enam bulan menjabat (wali kota), Mang Oded sudah bertemu dengan kepala daerah Bandung Raya. Banyak hal yang dibicarakan secara komprehensif. Semuanya parsial," ucapnya.

Ditanya soal penanganan banjir di timur Bandung, Oded berharap agar semua pembangunan di Kawasan Bandung Utara (KBU) mengikuti aturan dari sisi RTRW dan perizinan. Dengan seperti itu maka kejadian seperti saat ini bisa diminimalisir.


Sekadar diketahui, sejak awal 2019 sejumlah kejadian banjir terjadi di kawasan timur Kota Bandung. Bahkan kejadian banjir di Desa Jatiendah, Kecamatan Cilengkrang, mengakibatkan tiga orang meninggal dunia.

Hampir semua kejadian tersebut disebabkan adanya dugaan alih fungsi lahan di KBU yang masuk Kabupaten Bandung. Daerah resapan di tempat tersebut telah beralih fungsi menjadi bangunan dan perumahan komersial.


Simak Juga 'Tanggul Jebol, Siswa SD di Ujungberung Bandung Dikepung Banjir':

[Gambas:Video 20detik]


(tro/bbn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com