detikNews
Selasa 02 April 2019, 15:45 WIB

SD Ajitunggal Rusak Diterjang Banjir, Siswa Ujian di Tempat Lain

Tri Ispranoto - detikNews
SD Ajitunggal Rusak Diterjang Banjir, Siswa Ujian di Tempat Lain SDN 224 Cijambe letaknya sekitar 50 meter dari SDN Ajitunggal. (Foto: Tri Ispranoto/detikcom)
Bandung - Siswa kelas 6 SDN 106 Ajitunggal Cijambe dipastikan tidak bisa mengikuti Ujian Sekolah (US) dan Ujian Nasional (UN) di sekolahnya. Sebab saat ini sebagian besar sekolah rusak akibat diterjang banjir pada Senin (1/4) kemarin.


Wali Kota Bandung Oded M Danial menginstruksikan kepada Disdik untuk menindaklanjuti hal tersebut. "Saya sudah minta anak-anak di masa US dan UN ini, harus dipastikan tidak terganggu," ujar Oded usai meninjau lokasi, Selasa (2/4/2019).

Setelah berdiskusi dengan Disdik dan Kepsek maka sementara kegiatan ujian akan dilakukan di SDN 224 Cijambe yang letaknya sekitar 50 meter dari SDN Ajitunggal.

"Setelah kita bicarakan, maka sementara direlokasi ke sekolah samping sini (SDN 224 Cijambe)," ucap Oded.


Kadisdik Kota Bandung Hikmat Ginanjar mengatakan terjangan banjir mengakibatkan sebagian besar sekolah mengalami kerusakan.

Sehingga, menurut dia, proses kegiatan belajar mengajar dan ujian tidak dimungkinkan untuk digelar di sekolah tersebut. Solusinya, untuk sementara berpindah tempat.

"Kerusakannya di atas 50 persen. Kalau bangunan secara fisik masih bisa digunakan, tapi ada kerusakan," kata Hikmat.

Saat ini pihak sekolah masih menginventarisir apa saja kerusakan dan kerugian yang diakibatkan banjir kemarin. Namun secara kasat mata, sambung Hikmat, banyak interior, berkas dan buku-buku yang mengalami kerusakan.

[Gambas:Video 20detik]


(tro/bbn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com