DetikNews
Sabtu 30 Maret 2019, 17:06 WIB

Dianggap Peduli Sepakbola, Tiga Organisasi Bobotoh Dukung Jokowi

Wisma Putra - detikNews
Bandung - Pendukung Persib yang berasal dari tiga organisasi bobotoh yakni Viking, The Boms dan Bomber mendeklarasikan diri mendukung Paslon Capres dan Cawapres 01 Joko Widodo-Ma'ruf Amin di Pilpres 2019.

Deklarasi dilakukan di Dome Balerame Sabilulungan, Kecamatan Soreang, Kabupaten Bandung pada Sabtu (30/3/2019). Para bobotoh ini mengenakan pakaian khas Persib dengan gambar dan tulisan Jokowi-Maruf.


Sebelum deklarasi dilakukan, bobotoh menyanyikan yel-yel dan lagu yang biasa dinyanyikan di stadion. Juga diiringi oleh musik drum band, pengibaran giant flag dan membentangkan syal Persib. Di sisi lain terdapat sejumlah spanduk dukungan untuk Jokowi-Maruf dengan beragam tulisan. Salah satunya 'Dukung Jokowi, Habisi Mafia Bola'.

Acara deklarasi dihadiri oleh Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf Erick Thohir dan Ketua DPD Golkar Kabupaten Bandung Dadang M Naser.

Sebelum deklarasi, Ketua Bomber Asep Abdul, Ketua The Boms Nevi dan Ketua Viking Heru Joko memberi sambutan dan menyatakan dukungannya terhadap Jokowi-Maruf. Dilanjutkan deklarasi, yang dipimpin oleh Erick Tohir.

"Datang hampir 20 ribu orang berkat kecintaan terhadap Bapak Jokowi. Ini acara mendadak, ini panggilan hati, terima kasih kepada semua yang telah mendukung acara ini," kata Ketua Viking Heru Joko kepada wartawan.

Heru mengungkapkan, deklarasi ini dilakukan atas nama organisasi. "Organisasi. Kalau organisasi berbuat untuk manfaat enggak apa-apa. Ya saya ini yakin buat manfaat Indonesia maju. Ini atas nama organisasi, atas nama pribadi, atas nama bangsa, atas nama semuanya," katanya.

Ia berharap jika Jokowi kembali menang, sepakbola Indonesia bisa lebih baik lagi. "Harapannya, saya yakin Pak Jokowi punya komitmen besar untuk kemajuan semuanya. Untuk kemajuan sepakbola Indonesia, infrastruktur dan pembangunan Indonesia. Saya yakin Pak Jokowi mampu," ujarnya.

Dianggap Peduli Sepakbola, Tiga Organisasi Bobotoh Dukung JokowiFoto: Wisma Putra

Sementara itu Erick Tohir semakin yakin bisa meraih kemenangan setelah mendapat dukungan luar biasa dari bobotoh. "Dengan dukungan Bobotoh ini tambah meyakinkan bahwa ini gerakan untuk Jawa Barat sangat positif dan kita akan menangkan Jawa Barat secara serius," katanya.

Menurutnya dukungan yang terus mengalir merupakan tak lain karena Jokowi dianggap sangat peduli dengan pembangunan di Jabar. "Khususnya untuk bobotoh sendiri bisa terlihat di depan lapangannya (Stadion Si Jalak Harupat) ada jalan tol, hal ini yang menjadi hal positif," ucapnya.

Bahkan di bidang olahraga terutama sepakbola, Jokowi memiliki komitmen yang besar untuk memajukannya. Hal tersebut terbukti dari beberapa langkah yang diambil dalam menyelamatkan sepakbola Indonesia.

"Ketika PSSI disanksi oleh FIFA, saya ditugaskan bersama Pak Agum pergi ke FIFA untuk mencabut sanksi itu. Dan tentu sekarang dengan adanya mafia sepakbola terbukti bahwa sepakbola barus transparan dan bersih, tidak ada partai-partaian atau politik karena ini penting. Sepakbola ini milik rakyat," ujar Erick.


Saksikan juga video 'Rizal Ramli: Kubu Jokowi Senang Pakai UU ITE, Prabowo Mau Revisi':

[Gambas:Video 20detik]


(tro/tro)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed