Pria Bermobil Buang Bayi Cantik Dalam Kresek di Saung Bata Ciamis

Dadang Hermansyah - detikNews
Kamis, 28 Mar 2019 13:21 WIB
Ciamis - Warga Cimaragas, Kabupaten Ciamis digegerkan dengan penemuan bayi cantik dalam kantong kresek di saung bata, Dusun Rancagede Kamis siang (28/3/2019). Bayi tersebut ditemukan oleh warga saat pulang dari sawah.

Bayi berparas cantik itu kini berada di Puskesmas Cimaragas. Kondisinya dipastikan sehat, memiliki berat 2,9 kilogram, panjang 49 sentimeter, lingkar kepala 32 sentimeter dan lingkar dada 30 sentimeter. Pada kaki kanan sebelah bawah terdapat tanda tompel hitam cukup besar. Bayi itu dibungkus oleh baju daster hitam motif bunga.

Pria Bermobil Buang Bayi Cantik Dalam Kresek di Saung Bata CiamisFoto: Dadang Hermansyah

Menurut saksi Elin Herlina sebelumnya terlihat sebuah mobil Fortuner hitam plat D berhenti di pinggir jalan. Terlihat seorang pria masih muda, membawa kresek dan menaruhnya di atas kayu saung bata. Pria tersebut sempat bertanya arah menuju Ciamis, setelah itu pergi ke arah Banjar. Pria tersebut berlogat Sunda.

"Waktu saya pulang dari sawah, lihat mobil hitam berhenti. Lalu dihampiri, dikira tamu. Lalu ada laki-laki bawa kresek habis pulang dari saung bata, berpapasan, bertanya mau cari arah jalan ke Ciamis. Saya melihat ada kresek di atas kayu. Takutnya itu bom, tapi terdengar suara bayi sambil kakinya bergerak. Lalu saya berteriak tolong," katanya.

Elin mengaku sempat lemas setelah menemukan bayi tersebut. Ia berteriak-teriak meminta mobil itu kembali setelah kabur usai membuang bayi.

Kasat Reskrim Polres Ciamis AKP Hendra Virmanto membenarkan adanya temuan bayi tersebut. Pihaknya saat ini melakukan penyelidikan dan olah tempat kejadian dan mengumpulkan keterangan saksi untuk memburu pelaku pembuang bayi.

"Setelah ditemukan, kemudian warga melapor ke Polsek Cimaragas. Bayi berjenis kelamin perempuan itu langsung di bawa ke Puskesmas Cimaragas untuk mendapat perawatan," ujar Hendra.

Sementara itu Bidan Puskesmas Cimaragas Hernawati menyatakan setelah diperiksa, bayi cantik tersebut dalam keadaan sehat. Meski sedikit hipotermia atau kedinginan ringan. Setelah diberi lampu langsung bisa menangis. Diperkirakan bayi tersebut baru satu jam dilahirkan sebelum ditemukan. Kondisi tali pusarnya terlihat masih segar.

"Bayi normal usia 9 bulan dalam kandungan jadi tidak perlu di inkubator," katanya.

Bayi cantik ini sementara masih di Puskesmas Cimaragas, untuk dipantau kesehatannya. Banyak dari warga yang mengetahui adanya penemuan bayi langsung berdatangan. Mereka bermaksud ingin mengasuh bayi malang tersebut.

Pria Bermobil Buang Bayi Cantik Dalam Kresek di Saung Bata CiamisFoto: Dadang Hermansyah

Salah satunya, Ujang Solihin. Ia mengaku lokasi penemuan bayi tersebut adalah saung yang dulu ia bangun. Ia bersedia untuk merawat bayi tersebut.

"Saya siap menempuh prosedurnya asal bisa merawat bayi cantik ini," ujar Ujang. (tro/tro)