DetikNews
Rabu 27 Maret 2019, 23:48 WIB

7 TKA Diamankan Imigrasi di Terowongan Proyek Pembangkit Listrik

Syahdan Alamsyah - detikNews
7 TKA Diamankan Imigrasi di Terowongan Proyek Pembangkit Listrik Terowongan tempat sejumlah TKA bekerja untuk proyek pembangkit listrik di Sukabumi. (Foto: dok.Imigrasi Sukabumi)
Sukabumi - Petugas Imigrasi Kelas II Sukabumi mengamankan tujuh orang Tenaga Kerja Asing (TKA) asal Tiongkok dari lokasi proyek Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hydro (PLTMH). Lokasi tempat diamankannya tujuh TKA itu berada di Kampung Cisagu, Desa Mekarsari, Kecamatan Sagaranten, Kabupaten Sukabumi.

Petugas Imigrasi masuk ke dalam lokasi proyek berupa terowongan di dalam tanah. "Kita memang masuk ke dalam terowongan tempat TKA itu bekerja. Kita sempat manggil mereka, karena lokasinya di dalam terowongan itu," kata Arif, Rabu (27/3/2019).

Di lokasi, menurut Arif, pihaknya sempat terkendala bahasa dengan para TKA tersebut. Kondisi seperti itu, sambung dia, biasa ditemukan petugas setiap melaksanakan penindakan terhadap TKA.

PLTMH tempat TKA tersebut bekerja mempergunakan keahlian mereka untuk mengoperasikan peralatan. "Mereka memiliki keahlian khusus. Meski begitu, kita tetap akan melakukan pemeriksaan terlebih dahulu," ucap Arif.

Arif menjelaskan tujuh orang TKA asal Tiongkok tersebut diamankan setelah adanya informasi dari masyarakat. "Kita mendapat informasi dari masyarakat di PT Zhong Min Hydro Indonesia ada orang asing yang bekerja di sana. Kemudian kita mengecek, data yang kami miliki sebenarnya ada delapan, namun satu orang sudah pulang ke negaranya. Kita amankan ada tujuh orang," tuturnya.

Imigrasi Sukabumi memastikan para TKA itu legal dan memiliki dokumen resmi berupa paspor dan visa. "Mereka masuk secara legal, dokumen juga lengkap," kata Arif.
(sya/bbn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed