2020, Pemkab Bandung Barat Bakal Buka 10 Objek Wisata Baru

Yudha Maulana - detikNews
Rabu, 27 Mar 2019 15:58 WIB
Kawasan Bandung Utara dari Kaki Gunung Putri Lembang. (Foto: Yudha Maulana/detikcom)
Bandung Barat - Kawasan Bandung Utara (KBU) menjadi primadona wisata di Kabupaten Bandung Barat (KBB). Tak hanya itu, udara dan alam yang masih asri membuat banyak pengusaha membidik kawasan tersebut sebagai ladang bisnis.

Di balik kekayaan alam terdapat potensi bencana yang mengintai, yakni Sesar Lembang. Menanggapi hal itu, Bupati Bandung Barat Aa Umbara meminta agar pelaku usaha tak berfokus di KBU, seperti Lembang dan sekitarnya.

"Pengusaha jangan fokus di Lembang, walau Lembang untuk wisata sangat menjanjikan. Masih banyak potensi (wisata dan bisnis) di wilayah lain di KBB," ujar Aa pada detikcom di Resort Lembang Asri, Kecamatan Lembang, KBB, Jawa Barat, Rabu (27/3/2019).


Saat ini, kata Aa, pemerintah tengah melakukan penataan wilayah termasuk penertiban bangunan yang tidak mengantongi Izin Mendirikan Bangunan (IMB). "Harus berhenti yang tak punya IMB, sekarang sudah tak zaman main backing," katanya.

Aa mengakui jika Pendapatan Asli Daerah (PAD) KBB paling banyak berasal dari wilayah Lembang. Namun, ia berharap daerah di wilayah KBB lainnya agar tak ketinggalan.

"Saya punya konsep pada 2020 nanti kita buka 10 objek wisata yang dibuka Pemkab agar pihak swasta juga mengikuti," kata politikus Nasdem itu.


Sepuluh objek wisata itu rencananya akan dibuka di wilayah Cipeundeuy, Cikalong, Rongga, Cipatat, Cipongkor dan Gununghalu. "Saya yakin ini bisa ramai, seperti halnya Lembang 15 tahun yang lalu belum ramai seperti sekarang," katanya. (tro/tro)