Penumpang Makin Banyak, KAI Sebar Klinik Kesehatan di Stasiun

Sudirman Wamad - detikNews
Rabu, 27 Mar 2019 15:18 WIB
Dirut PT KAI Edi Sukmoro meresmikan Klinik Mediska di Stasiun Jatibarang Indramayu. (Foto: Sudirman Wamad/detikcom)
Indramayu - Direktur Utama (Dirut) PT KAI Edi Sukmoro meresmikan Klinik Mediska di Stasiun Jatibarang, Kabupaten Indramayu, Jabar. Klinik Mediska merupakan layanan kesehatan PT KAI untuk masyarakat.

Menurut Edi Sukmoro total Klinik Mediska saat ini sudah mencapai 55 unit. "Sekarang ada 55 klinik. Pelayanan (kesehatan) seperti ini harus terus diutamakan. Jadi, KAI tidak hanya fokus pelayanan soal angkutan penumpang, tapi memberikan pelayanan terhadap lingkungan sekitar, seperti kesehatan," kata Edi usai meresmikan Klinik Mediska Jatibarang, Rabu (27/3/2019).

Edi menyebutkan PT KAI akan terus membangun pelayanan kesehatan di 9 daerah operasi (daop) yang tersebar di Jawa. "Yang paling utama itu pembangunan klinik di stasiun-stasiun besar. Karena kan penumpangnya padat," ucap Edi.

Dia menjelaskan animo penumpang kereta api terbilang tinggi. Bahkan, dikatakan Edi, pada 2018 lalu, total penumpang kereta api mencapai 425 juta. Sehingga perlu adanya pelayanan kesehatan di lingkungan stasiun, baik itu untuk penumpang dan masyarakat umum.

"Tahun lalu kita mengangkut 425 juta penumpang, penduduk kita saja baru 250 juta. Ini menandakan bahwa kereta diminati," ujarnya.

Dia tak menampik pembangunan layanan kesehatan bagian dari persiapan angkutan mudik lebaran. "Iya pasti (untuk mudik). Bukan cuma itu, 17 April nanti juga bisa digunakan, karena kan banyak yang balik kampung untuk memilih," kata Edi. (bbn/bbn)