DetikNews
Selasa 26 Maret 2019, 20:38 WIB

Beri Bimbingan Nikah, Oded Cerita Punya 7 Anak

Tri Ispranoto - detikNews
Beri Bimbingan Nikah, Oded Cerita Punya 7 Anak Wali Kota Bandung Oded M Danial menjadi nara sumber dalam acara Bimbingan Nikah (Bingah) di Kantin Nasion The Panas Dalam. (Foto: Tri Ispranoto/detikcom)
Bandung - Dunia politik tak menjadikan Wali Kota Bandung Oded M Danial lupa akan tugasnya sebagai seorang ayah. Bahkan baginya menjadi sebuah kewajiban untuk membimbing warga dan keluarga secara bersamaan untuk menjadi lebih baik.

Oded sendiri saat ini dikarunia tujuh orang anak yang kesemuanya perempuan. Dari tujuh anak, empat di antaranya telah menikah sementara tiga lainnya masih usia sekolah. Hebatnya, semua anak Oded dididik menjadi seorang penghafal Alquran atau hafiz.

"Anak Mang Oded tujuh semuanya perempuan. Tujuh-tujuhnya hafal Alquran, yang bungsu alhamdullilah sudah (hafal) tujuh juz," ujar Oded saat menjadi narasumber dalam acara Bimbingan Nikah (Bingah) di Kantin Nasion The Panas Dalam, Kota Bandung, Selasa (26/3/2019).


Sebagai seorang ayah, Oded bersyukur keempat anaknya dipersunting oleh pasangan yang juga hafiz. "Alhamdullilah ternyata mantu Mang Oded walau pun ada yang pengusaha, dosen, semuanya hafiz," katanya.

Dalam penuturannya Oded menceritakan jika keempat anaknya itu menikah tanpa melalui proses berpacaran. Semuanya dipilih dan dikenalkan olehnya.

Menurut Oded proses itu dimulai ketika semua anak-anaknya yang sudah memasuki kuliah tingkat akhir. Satu per satu mereka diajak berbicara empat mata oleh Oded untuk mengetahui apakah ingin melanjutkan pendidikan atau siap untuk menikah.

"Bari (sambil) naik Vespa kuliling (keliling) Bandung, Mang Oded nanya. Ceuce (panggilan anak Oded) bagaimana kuliahnya? Apakah mau menunggu selesai atau mau ke KUA dulu? Ketika ditanya jawabnya kumaha (gimana) Abi (panggilan anak pada Oded), itu tandanya anak siap menikah," ucapnya.


Tak berlama-lama Oded pun mencarikan anaknya pasangan yang dianggap tepat. Menurut Oded hal tersebut perlu dilakukan karena tanggung jawab keluarga ada pada dirinya.

"Alhamdullilah semuanya menikah sama hafiz. Bahkan Mang Oded dalam waktu 11 hari menikahkan dua anak. Ternyata alhamdullilah sampai sekarang sakinah, mawadah, warohmah," ujarnya.

Hal tersebut, kata Oded, tak lepas dari visi dan misinya membangun rumah tangga bersama sang istri dengan pola pendidikan yang sesuai ajaran agama.

Ia pun berpesan pada para peserta Bingah yang kesemuanya adalah pasangan pranikah untuk menyiapkan visi dan misi saat menikah. Salah satunya hal tersebut bisa diperoleh dari bimbingan dan pembekalan seperti yang saat ini dilakukan.
(tro/bbn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed