DetikNews
Selasa 26 Maret 2019, 14:47 WIB

Tewas di Pematang Sawah, Wawan Sempat Dilarang Cari Ular

Syahdan Alamsyah - detikNews
Tewas di Pematang Sawah, Wawan Sempat Dilarang Cari Ular Foto: Ilustrasi/Thinkstock
Sukabumi - Wawan Setiawan (49) ditemukan tewas di pematang sawah dengan posisi setengah berjongkok dan tangan merogoh lubang. Dia diduga dipatuk ular berbisa. Tati Sumiyati (48), istri Wawan, menjelaskan bahwa suaminya tersebut berpamitan pada Senin (25/3) untuk bekerja.

Tati sudah menyangka kalau Wawan akan pergi untuk mencari ular. "Saya tahu dikabari mertua, katanya Wawan meninggal di sawah. Saya langsung firasat dipatuk ular, sejak pergi dari rumah pun dia bawa-bawa kantong walau pun perginya hanya bilang mau bekerja," kata Tati kepada awak media di ruang jenazah RSUD Syamsudin SH, Kota Sukabumi, Selasa (26/3/2019).

Wawan berprofesi sebagai buruh bangunan. Mencari ular hanya pekerjaan sampingan saat tenaganya tidak dibutuhkan. Tati menyangka ada orang yang sengaja memesan ular kepada suaminya itu.

"Semalaman dia enggak pulang, saya mau ngehubungi siapa bingung. Enggak punya telepon, saya yakin dia cari ular karena ada yang pesan. Malam juga saya mimpi ketemu dia, saya suruh pulang, dia jawab nanti pulangnya kalau sudah dapat ular," kata Tati.


Tati mengaku sudah berkali-kali meminta suaminya berhenti mencari ular. Pernah suaminya itu sakit-sakitan hingga dirawat, bahkan pernah tangannya patah. Saat itu Wawan mengaku kapok mencari ular.

"Paling sebulan dua bulan, dia cari ular lagi. Dia juga pernah koma selama enam bulan gara-gara dipatuk ular. Tapi sepertinya dia enggak kapok, dia biasa cari ular kobra. Kalau dapat, pulang. Kasih ke saya paling besar Rp 150 ribu, saya sudah sering larang dia buat cari ular," tutur Tati.

Warga Kampung Cibereum Sukabumi geger dengan penemuan sesosok mayat pria di pematang sawah. Jasad Wawan alias Aping itu ditemukan pertama kali oleh warga yang hendak berkebun. Posisi Wawan berjongkok dan salah satu tangannya merogoh lubang.

"Kalau penyebab kematian belum kita ketahui, namun dugaannya dia meninggal karena dipatuk ular berbisa. Keterangan warga korban memang dikenal sering mencari ular di sawah," kata Kanit Reskrim,Polsek Cibeureum Ipda Yiyi Sukmahikayat di Kamar Jenazah RSUD Syamsudin SH, Sukabumi, Jawa Barat, Selasa (26/3/2019).
(sya/bbn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed