DetikNews
Jumat 22 Maret 2019, 20:19 WIB

Pramuka Santri Jabar Diusulkan Punya Saka Khusus

Andi Nurroni - detikNews
Pramuka Santri Jabar Diusulkan Punya Saka Khusus Acara Perkemahan Pramuka Santri Nusantara (PPSN) tingkat Jawa Barat di Kabupaten Pangandaran. (Foto: Andi Nurroni/detikcom)
Pangandaran - Anggota Gerakan Pramuka dari kalangan santri di Jawa Barat diusulkan memiliki Satuan Karya Pramuka (Saka) khusus. Gagasan ini disampaikan Kepala Kanwil Kemenag Jabar Achmad Buchori saat membuka ajang Perkemahan Pramuka Santri Nusantara (PPSN) tingkat Jawa Barat.

"Kami menggagas di Jabar, kita membentuk Saka Amal Bakti, dalam rangka memperkuat Pramuka yang ada di bawah Kementerian Agama," ujar Buchori di lokasi kegiatan, Bumi Perkemahan Lokabina, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, Jumat (22/3/2019).

Pembentukan Saka Amal Bakti, menurut Buchori, merupakan salah satu target PPSN tahun ini. Melalui Saka Amal Bakti, Buchori berharap lahir para santri yang memiliki patriotisme tinggi dalam berbangsa dan bernegara.

Tentang kegiatan PPSN, menurut Buchori, merupakan ajang tahunan rutin yang digelar Kanwil Kemenag di tiap daerah, termasuk di Jawa Barat.

"Kita jadikan ajang silaturahmi para santri, ponpes, serta sebagai sarana pengaderan bagi adik-adik kita agar mengenal jati dirinya sebagai warga Indonesia," kata Buchori.

Buchori berpendapat, meski santri diidentikkan dengan nilai-nilai tradisional, jangan sampai citra tersebut dianggap kelemahan. Melalui PPSN, menurut Buchori, santri didorong berinovasi untuk menjawab tantangan zaman.

"Santri harus mengikuti perubahan tanpa kehilangan jati diri," ujar Buchori.

Hadir dalam kegiatan ini Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum, Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata serta para Kepala Kanwil Kemenag kabupaten/kota di Jawa Barat.

Uu mengapresiasi terselenggaranya kegiatan tersebut. Menurut Uu, pramuka ialah model pendidikan karakter yang sempurna untuk generasi muda.

"Semoga lahir generasi muda yang religius, berjiwa santri dan berjiwa nusantara, serta memiliki jiwa nasionalisme dan patriotisme," kata Uu.
(bbn/bbn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed