DetikNews
Jumat 22 Maret 2019, 19:17 WIB

Sebelum Lantik Ema Jadi Sekda, Oded Bertemu Ridwan Kamil

Tri Ispranoto - detikNews
Sebelum Lantik Ema Jadi Sekda, Oded Bertemu Ridwan Kamil Foto: Dokumentasi Humas Pemkot Bandung
Bandung - Siapa yang menjadi Sekda Kota Bandung kini terjawab sudah. Ema Sumarna mulai hari ini, Jumat (22/3/2019), telah resmi menjadi orang nomor tiga di pemerintahan Kota Bandung.

Sebelum dilantik, langkah Ema cukup terjal. Meski menempati posisi pertama di tiga besar dalam lelang jabatan (open bidding), ia sempat tersisih oleh kandidat lainnya. Bahkan selama berporses tarik ulur jabatan sekda, hubungan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (Emil) dan Wali Kota Bandung Oded M Danial "memanas".

Terkait hal tersebut Oded mengaku telah 'berdamai' dengan Ridwan Kamil yang tak lain mantan Wali Kota Bandung periode 2013-2018. Emil saat itu memilih Benny Bachtiar sebagai sekda, tapi Oded menunjuk Ema.

"Saya sudah ketemu beliau (Emil) Rabu malam kemarin khusus membahas ini (Sekda)," ujar Oded usai pelantikan di Balai Kota Bandung.

Bahkan Oded mengaku telah meminta izin pada Emil saat bertemu di acara Apel Kesiapan Pemilu 2019 di Lapangan Gasibu Kota Bandung tadi pagi, untuk menggelar pelantikan Ema dan sejumlah pejabat di lingkungan Pemkot Bandung.

"Dengan Pak Benny juga sudah ketemu kemarin malam. Ke Kemendagri juga sudah beres. Tidak ada masalah. Jadi intinya segala sesuatu itu bisa selesai dengan silaturahmi," katanya.

Soal sosok, Oded menilai selama Ema menjabat Plt Sekda Kota Bandung telah menjalankan banyak tugas dan berjalan sesuai harapan. Ke depan, ia berharap Ema bisa menyelesaikan tugasnya dan berkontrinbusi untuk Kota Bandung lebih baik.

Sementara itu Ema berkomitmen akan terus mengejar pekerjaan yang sudah menunggu seperti RPJMD yang memiliki 74 program dan 26 janji kepala dearah. "Kita akan kawal betul itu. Termasuk tugas lain seperti menyiapkan APBD Perubahan dan hal-hal lain," ujarnya.


(tro/ern)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed