DetikNews
Rabu 20 Maret 2019, 16:48 WIB

Mentan Amran Sebar 600 Ribu Ayam Senilai Rp 45 M di Cianjur

Syahdan Alamsyah - detikNews
Mentan Amran Sebar 600 Ribu Ayam Senilai Rp 45 M di Cianjur Menteri Pertanian Amran Sulaiman saat kunjungan kerja di Cianjur. (Foto: Syahdan Alamsyah/detikcom)
Cianjur - Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman membagikan bantuan sebanyak 600 ribu ekor ayam petelur untuk sejumlah petani saat kunjungan kerja ke Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Amran menyebut jumlah bantuan tersebut terbesar di Indonesia.

Selain ayam, Amran juga membagikan benih padi, jagung pakan, jagung manis, kedelai, bawang putih, kangkung dan cabai rawit, bibit manggis, alpukat, kopi, bibit ayam (DOC) plus kandang, obat-obatan dan pakan serta kambing. Barang tersebut diangkut menggunakan 58 truk

"Ayam itu kita bagikan 20 juta ekor untuk saudara kita yang berada di bawah garis kemiskinan di seluruh Indonesia. 50 ekor satu rumah tangga. Sehingga 6 bulan kemudian mereka lepas dari kemiskinan karena pendapatannya meningkat menjadi Rp 3 juta. Khusus Cianjur, kita bagikan 600 ribu ekor, terbesar di Indonesia," kata Amran, Rabu (20/3/2019).

Amran menjelaskan kedatangannya ke Cianjur atas perintah Presiden Joko Widodo untuk melihat langsung apa saja yang dibutuhkan petani. Sebab 80 persen warga Cianjur bergerak di sektor pertanian.

"Kalau dengan datang begini kita jadi mengetahui persis apa yang masih perlu dibantu. Selain 600 ribu ekor ayam senilai Rp 45 miliar, kita juga bawa kopi 200 ribu batang, kemudian bantuan bibit, traktor dan lainnya. Bantuan langsung kami serahkan semuanya ke petani di lokasi acara ini," tutur Amran.

Dalam kegiatan itu terlihat hadir Plt Bupati Cianjur Herman Suherman, Dirjen Hortikultura Suwandi, Dirjen Perkebunan Kasdi Subagiyono, Kepala Dinas Pertanian Jawa Barat Hendy Jatnika dan para penyuluh dari sejumlah kecamatan di Cianjur.
(sya/bbn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed