DetikNews
Rabu 20 Maret 2019, 16:16 WIB

Evakuasi Helikopter yang Jatuh di Tasik, Badan Pesawat Dipotong-potong

Deden Rahadian - detikNews
Evakuasi Helikopter yang Jatuh di Tasik, Badan Pesawat Dipotong-potong Foto: Deden Rahadian
Tasikmalaya - Bangkai Helikopter BO 105 M PK EAH yang jatuh di kawasan Situhiang, Sirnaputra, Cigalontang, Tasikmalaya Jawa Barat mulai dievakuasi, Rabu Sore (20/3/19). Badan pesawat dipotong-potong untuk memudahkan evakuasi.

Proses evakuasi melibatkan tim air transport service (ATS), tni, kepolisian serta warga sekitar.

Selain gunakan sistem katrol, badan helikopter juga dipotong serta dibongkar dengan cara dibuka baudnya. Selanjutnya, pintu, kursi, baling baling dan beberapa bagian mesin dievakuasi ke jalan desa yang jaraknya mencapai satu kilometer.

"Untuk evakuasi kita gunakan sistem katrol, terlebih dulu ada beberapa bagian heli yg dipotong dan dibongkar, sepertinya hari ini enggak akan selesai semua," ujar Mardiatna, Tim ATS di lokasi kejadian.

Medan yang berat membuat proses evakuasi bangkai heli berjalan lamban. selain harus dibuatkan jembatan bambu, sawah warga juga digunakan sebagian hingga padinya terpaksa dipanen lebih awal.
Evakuasi Helikopter yang Jatuh di Tasik, Badan Pesawat Dipotong-potongFoto: Deden Rahadian

Sejumlah warga membawa potongan kursi, pintu, baling baling serta bagian badan helikopter dengan cara manual dipikul gunakan kepala. Mereka melintasi lahan sawah serta jembatan darurat yang dibuat di atas Sungai Ceuri.

"Saya bantu pak biar cepat dievakuasi berat duh ini pintu pesawat yang saya bawa," ujar Endin salah seorang warga yang turut membantu evakuasi.

Pihak ATS menargetkan proses evakuasi bangkai helikopter ini selesai seluruhnya pada Sabtu nanti.

ATS juga akan kordinasi untuk memberikan konpensasi bagi petani yang lahan sawahnya digunakan jalur evakuasi. "Yah soal ganti rugi lahan yang rusak kita kordinasi," ujar Mardiatna.



Tonton juga video Bangkai Heli Jatuh di Tasikmalaya Belum Dievakuasi, Ada Kendala?:

[Gambas:Video 20detik]


(ern/ern)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed