DetikNews
Selasa 19 Maret 2019, 21:27 WIB

Razia Tempat Sampah, Petugas Usir 14 Mobil di Balkot Bandung

Tri Ispranoto - detikNews
Razia Tempat Sampah, Petugas Usir 14 Mobil di Balkot Bandung Wali Kota Bandung Oded M Danial memperlihatkan tempat sampah dalam mobil. (Foto: Dokumentasi Humas Pemkot Bandung)
Bandung - Satpol PP Kota Bandung kembali menggelar razia tempat sampah bagi mobil yang akan parkir di Balai Kota (Balkot) Bandung. Pada hari kedua ini, jumlah pelanggar berkurang dari sebelumnya.

"Kalau kemarin dari 299 mobil ada 53 yang tidak ada tempat sampah. Kalau sekarang dari 166 mobil hanya 14 yang tidak ada," ujar Sekretaris Satpol PP Kota Bandung Tantan Syurya Santana pada detikcom via telepon, Selasa (19/3/2019).


Seperti Senin kemarin, mobil yang tidak memiliki tempat sampah di dalamnya diusir dari Balkot. Mereka harus parkir di tempat lain, tidak di area Balkot Bandung.

Menurut Tantan, jumlah tersebut berkurang karena sudah mulai banyak aparatur sipil negara (ASN) atau warga yang menaati peraturan tersebut. Terlebih sosialisasi telah dilakukan sejak Sabtu 16 Maret lalu.

"Sosialisasi terus kita lakukan. Alhamdullilah sudah banyak yang tahu dan mungkin membeli tempat sampah," katanya.

Tantan mengatakan dalam seminggu ini Satpol PP akan terus melakukan razia di Balkot Bandung. Nomor polisi (nopol) kendaraan yang terkena razia akan dicatat, dan jika kembali terjaring akan dikenakan sanksi denda Rp 500 ribu.


Sementara bagi mereka yang baru pertama kali terkena razia atau warga dari luar Kota Bandung hanya akan mendapat imbauan agar tidak parkir di Balkot Bandung.

"Kita ingin budaya itu diubah oleh diri sendiri dulu. Kalau tidak bisa, baru kita tegakkan aturan," ujar Tantan.
(tro/bbn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed