DetikNews
Sabtu 16 Maret 2019, 15:11 WIB

KPU Libatkan 650 Warga Cirebon Lipat Surat Suara Pemilu 2019

Sudirman Wamad - detikNews
KPU Libatkan 650 Warga Cirebon Lipat Surat Suara Pemilu 2019 Warga Cirebon melakukan sortir dan lipat surat suara Pemilu 2019. (Foto: Sudirman Wamad/detikcom)
Cirebon - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Cirebon mulai menyortir dan melipat surat suara Pemilu 2019. Ketua KPU Kabupaten Cirebon Saefuddin Jazuli menyebutkan total surat suara mencapai 1.736.722 kertas surat suara.

"Iya hari ini mulai sortir dan pelipatan kertas suara, ini (surat suara) untuk capres dan cawapres. Kemudian berlanjut ke surat suara lain kalau selesai, seperti DPR, DPD, dan lainnya. Kita libatkan 650 orang untuk sortir dan pelipatannya," kata Saefuddin saat dihubungi detikcom, Sabtu (16/3/2019).

Saefuddin mengatakan penyortiran dan pelipatan kertas suara dilakukan di empat lokasi meliputi GOR Plumbon, Aula Balai Pelatihan Kerja (BLK), mes1 BLK dan mes 2 BLK. Saefuddin menyebutkan 650 pekerja yang dilibatkan disebar ke empat lokasi tersebut.

"Di Aula BLK itu ada 200 orang, kemudian di mes 1 ada 100 orang, mes 2 ada 100 orang, dan di GOR Plumbon ada 250 orang. Para pekerja ini kita rekrut dari masyarakat umum," ucapnya.

Warga Cirebon melakukan sortir dan lipat surat suara Pemilu 2019. (Foto: Sudirman Wamad/detikcom)
Dia menjelaskan pihaknya menargetkan proses sortir dan lipat kertas surat suara rampung dalam waktu 10 hari. Pihaknya mengimbau kepada para pekerja agar tak terburu-buru dalam menyortir dan melipat.

"Semoga sesuai target. Minimal 10 hari, target maksimalnya 15 hari. Saya ingatkan untuk hati-hati, karena ini dokumen negara. Bukan soal kejar target, tapi kertasnya harus dilipat dengan baik," ucapnya.

Saat disinggung mengenai kertas suara rusak, Saefuddin mengaku belum mendapat laporan. Karena, lanjut dia, hari ini merupakan hari pertama penyortiran dan pelipatan kertas suara.

"Setelah selesai kita akan tahu berapa jumlah kertas suara yang rusak. Nanti kita data per harinya," kata Saefuddin.


Saksikan juga video 'Polda Jabar Pastikan Proses Pelipatan Surat Suara Pemilu Lancar':

[Gambas:Video 20detik]


(bbn/bbn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed