DetikNews
Kamis 14 Maret 2019, 12:46 WIB

Baru 6 Penghayat di Jabar yang Telah Memiliki e-KTP

Mochamad Solehudin - detikNews
Baru 6 Penghayat di Jabar yang Telah Memiliki e-KTP Foto: Mochamad Solehudin
Bandung - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Jabar menyebut ada 3.910 orang yang menganut aliran kepercayaan di Jawa Barat. Dari jumlah tersebut baru 6 orang yang telah menerima e-KTP dengan menyantumkan Kepercayaan Kepada Tuhan Yang Maha Esa dalam kolom agamanya.

Kepala Disdukcapil Jabar Hery Suherman menyatakan, 3.910 warga dengan aliran kepercayaan itu telah memiliki e-KTP. Namun e-KTP dalam kolom agamanya belum tercantum Kepercayaan Kepada Tuhan Yang Maha Esa.

"Ada 3.910 orang penghayat kepercayaan. Dari jumlah itu, baru 6 orang di Kota Bandung saja yang telah terbit e-KTP dengan kolom kepercayaan. Yang lain belum mengajukan," katanya di Gedung Sate, Kota Bandung, Kamis (14/3/2019).

Hery mengaku, saat ini bersama Disdukcapil kabupaten/kota terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat terutama para penghayat kepercayaan terkait perubahan kolom agama ini.

"Penghayat sesuai putusan Mahkamah Konstitusi, kita harus layani. Itu kami sudah sosialisasikan, supaya penghayat kepercayaan boleh ganti KTP, yang sebelumnya di kolom agamanya itu disamarkan," ucapnya.

Dia juga menjelaskan, proses pengubahan data e-KTP untuk kelompok penghayat sama seperti pengubahan data pada umumnya. Mereka tinggal mendatangi kantor Kantor Kecamatan dengan membawa bukti pendukung dari pimpinan alirannya.

"Pelayanannya sama seperti pengubahan pada umumnya," ujarnya.
(mso/ern)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed