Luapan Citarum Rendam 6.361 Rumah di Kabupaten Bandung

Wisma Putra - detikNews
Jumat, 08 Mar 2019 11:43 WIB
Banjir merendam rumah warga di Kabupaten Bandung akibat meluapnya Sungai Citarum. (Foto: Wisma Putra/detikcom)
Kabupaten Bandung - Ribuan rumah di Kabupaten Bandung, Jawa Barat, masih terendam banjir akibat luapan Sungai Citarum. Banjir tersebut tersebar di empat kecamatan.

"Kecamatan Dayeuhkolot, Baleendah, Bojongsoang dan Katapang," kata Humas dan Protokol Kantor SAR bandung Joshua Banjarnahor via pesan singkat, Jumat (8/3/2019).


Dampak banjir ini mengakibatkan tempat tinggal, fasilitas publik dan gedung lainnya terendam. Tinggi genangan air bervariasi mulai 10 sentimeter hingga 2,4 meter.

"Rumah yang terendam 6.361 rumah, gedung sekolah tujuh, fasilitas umum delapan, dan tempat ibadah 36 gedung," ujarnya.

[Gambas:Video 20detik]


Menurutnya, dua tim Kantor SAR Bandung yang masing-masing tim beranggotakan 10 orang bersiaga di lokasi banjir untuk menyelamatkan warga. "Kita siaga sudah tiga hari, melakukan evakuasi korban ke tempat lebih aman atau ke pengungsian," ujarnya.

Tim SAR hanya mengevakuasi warga dari rumahnya ke pengungsian atau ke rumah sanak keluarganya yang tidak terdampak banjir. "Warga yang mengungsi, bukan pegawai-pegawai pabrik," kata Joshua.


Selain itu, jumlah pengungsi di Kecamatan Dayeuhkolot, Baleendah dan Bojongsoang mencapai lebih 1.000 orang. "Jumlah total pengungsi di Kecamatan Baleendah, Dayeuhkolot dan Bojongsoang mencapai 373 KK, 1.104 jiwa, 129 lansia, 94 balita, 22 bumil, 21 ibu menyusui, 5 disabilitas, 99 anak, 4 SMA, 9 SMP, 18 SD," tuturnya.

Selain mengarahkan warga ke pengungsian, pihaknya membawa warga yang mengalami sakit dan kedinginan. "Ada yang dibawa ke rumah sakit, ada juga ke pengungsian," kata Joshua.

Luapan Citarum Rendam 6.361 Rumah di Kabupaten BandungGenangan air di wilayah permukiman warga Kabupaten Bandung. (Foto: Wisma Putra/detikcom)
(bbn/bbn)