Total 119 Mortir di Dago Berhasil Dievakuasi

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Rabu, 06 Mar 2019 16:46 WIB
Foto: dok.Humas Pemkot Bandung
Bandung - Proses pencarian mortir yang terkubur di sebuah rumah di Dago Bandung ditutup. Hasil akhir penggalian, ada 119 mortir berhasil diangkat.

"Sore hari ini hasil akhir proses lanjutan pengangkatan semua mortir. Di lokasi temuan ini kita dapat amankan tambahan ada 31 butir mortir dengan kondisi bervariasi, dengan total kemaren itu ada 119 butir mortir yang berhasil kita amankan," ucap Dandim 0618 BS Letkol Inf Hery Subagyo, Rabu (6/3/2019).

Hery terjun langsung melihat proses penyisiran di rumah warga yang terletak di Jalan Ir H Juanda, Gang Cinta Wangi, Kelurahan Dago, Kecamatan Coblong, Kota Bandung sejak pagi tadi. Hery menjelaskan berdasarkan penyisiran sejak pagi tadi menggunakan metal detector, dia menyebut sudah tak ada lagi mortir yang terkubur.

"Kita sudah yakinkan dengan menggunakan metal detector. Kita yakinkan lagi indikasi adanya granat mortir, jadi kita nyatakan kegiatan ini selesai. Apabila memang masih ada kemungkinan ditemukan, kita harapkan warga atau pemilik rumah melaporkan kepada pihak berwenang," kata Hery.



Pihaknya belum bisa menyimpulkan jenis termasuk aktif atau tidaknya mortir-mortir yang ditemukan ini. Mortir akan dibawa terlebih dahulu ke gudang Kodam Siliwangi di Banjaran, Kabupaten Bandung untuk menganalisa lebih lanjut.

"Kita belum dapat menyimpulkan, karena kita butuh waktu untuk menyelidiki ini amunisi tahun berapa, buatan mana dan sejarahnya bagaimana, kita masih harus mengumpulkan data- data dan fakta serta bukti kongkret suapaya nanti kita bisa berikan keterangan lebih lanjut. Mungkin nanti Kodam akan berikan keterangan detail, kita akan kumpulkan data dulu," katanya.

(dir/ern)