detikNews
Rabu 06 Maret 2019, 11:57 WIB

Kawal Sidang Habib Bahar, Haikal Hassan Minta Polisi-Jaksa Profesional

Tri Ispranoto - detikNews
Kawal Sidang Habib Bahar, Haikal Hassan Minta Polisi-Jaksa Profesional Haikal Hassan saat berorasi. (Foto: Tri Ispranoto/detikocm)
Bandung - Massa pendukung Bahar bin Smith menggelar aksi dan orasi di lokasi persidangan, Gedung Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Bandung, Rabu (6/3/2019). Selama persidangan, sebagian massa yang tidak masuk ruangan memilih berkumpul di depan mobil komando.


Mereka mendengarkan sejumlah orasi dari para tokoh yang hadir. Salah satunya Haikal Hassan. Dalam orasinya, Haikal meminta massa terus mengawal tindakan kepolisian dan kejaksaan di persidangan agar berjalan adil.

"Kita Islam seperti tawon. Makan yang baik-baik, mengeluarkan juga yang baik-baik. Tapi kalau kami diganggu, kami akan menyengat membuat kalian bengkak-bengkak," ujar Haikal.

Keadilan tersebut ditujukan pada dua orang remaja yang menjadi korban dugaan penganiayaan karena telah mengaku sebagai Bahar. Kedua orang tersebut seharusnya juga diproses secara hukum.

"Itu yang kami minta. Profesionalisme kepolisian dan kejaksaan," katanya.


Sebelum turun dari mobil komando, Haikal mengingatkan agar massa untuk tetap menjaga kondusifitas dan tidak mengotori tempat berkumpul maupun persidangan dengan sampah.

"Itu spanduk-spanduk setelah selesai cabutin lagi, biar bisa dipakai lagi. Sampah-sampah juga jangan lupa. Tunjukkan bahwa Islam adalah penjaga kedamaian," ucap Haikal.

Orator lainnya yang merupakan bagian dari massa aksi turut menuntut keadilan. Ia menilai aparat telah berlaku tidak adil pada kasus Bahar. Sebab dua orang yang telah mengaku sebagai Bahar tidak diproses secara hukum.


Sama dengan Haikal, orator tersebut mengajak agar massa tetap menjaga ketertiban dan kebersihan selama sidang. "Sesudah beres acara, diperhatikan sampah-sampahnya. Tanaman-tanaman jangan diinjak," ujar orator.

Sidang dengan agenda eksepsi Bahar itu telah berakhir sekitar pukul 11.00 WIB.


Saksikan juga video 'Massa Pendukung Habib Bahar Orasi Kriminalisasi sampai Pembubaran HTI':

[Gambas:Video 20detik]


(tro/bbn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com