DetikNews
Selasa 05 Maret 2019, 20:26 WIB

1 Bonek Tewas Usai Tenggak Miras Oplosan di Alun-alun Bandung

Wisma Putra - detikNews
1 Bonek Tewas Usai Tenggak Miras Oplosan di Alun-alun Bandung Foto: Ilustrasi miras (Luthfy Syahban/detikcom)
Bandung - Seorang suporter Persebaya Surabaya atau Bonek tewas usai menenggak minuman keras (miras) oplosan di Alun-alun Kota Bandung. Koordinator Bonek Sinyo Devara mengatakan suporter itu lelaki inisial A.

"Minum miras oplosan, sama teman-temannya di Alun-alun Kota Bandung," kata Sinyo di Sport Center Si Jalak Harupat, Selasa (5/3/2019).

Sinyo mengungkapkan A merupakan warga Kertosono, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur. Nyawa korban tidak tertolong setelah dibawa ke RS Sartika Asih Kota Bandung. "Dibawa ke Rumah Sakit Bhayangkara (Sartika Asih), sudah dibawa pulang tadi Pukul 15.13 WIB, meninggalnya pagi tadi," ucapnya.

A menenggak miras oplosan bersama enam teman lainnya. Apa jenis miras itu Sinyo tak mengetahui. "Minumannya enggak tahu, yang pasti oplosan. Saya tadi lihat ke rumah sakit, ikut ngurusin," ujar Sinyo.

1 Bonek Tewas Usai Tenggak Miras Oplosan di Alun-alun BandungBonek di kawasan Sport Center Si Jalak Harupat Bandung. (Foto: Wisma Putra/detikcom)
Dia berujar para Bonek yang bertahan di Bandung tidak terkoordinir oleh pihaknya. Selain itu, mayoritas mereka warga di luar Surabaya. "Rata-rata luar Surabaya, ada di Pasuruan, Kediri, itu saja yang meninggal warga Kertosono," kata Sinyo.

Sinyo mengimbau kepada Bonek lainnya agar bisa menjaga diri selama di Bandung. "Jaga diri, loyalitas tapi sayangi nyawa," ucapnya.

"Setelah pertandingan melawan Persib lebih baik pulang, karena tidak enak merepotkan tuan rumah terlalu lama," kata Sinyo menambahkan.

Saat ini, para Bonek yang berkeliaran di Bandung diangkut polisi ke kawasan Sport Center Si Jalak Harupat, agar mereka tidak keluar kawasan stadion.

Sinyo menjelaskan jelang pertandingan Persib melawan Persebaya pada Piala Presiden 2019, Kamis (7/3/2019) mendatang, ratusan Bonek lainnya akan tiba di Bandung. Menurutnya, beda dengan Bonek yang dikumpulkan di Sport Center Si Jalak Harupat, Bonek yang akan tiba di Bandung sudah terkoordinir.

"Ada enam gerbong, 19 bus, belum mobil pribadi, itu yang terkoordinir," tutur Sinyo.

Sambut Hangat Bonek

Kapolres Bandung AKBP Indra Hermawan turut bernyanyi bersama ratusan pendukung Persebaya atau Bonek yang berada di Sport Center Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung. Indra duduk di tengah-tengah para Bonek itu. Nyanyian-nyanyian ini biasa dilantunkan Bonek saat laga Persebaya. Lantunan lagu itu diiringi ukulele.

"Tujuan saya untuk menumbuhkan motivasi mereka. Saya salut kepada mereka, betul-betul mereka ingin meramaikan pertandingan besok (Persib vs Persebaya)," kata Indra.

1 Bonek Tewas Usai Tenggak Miras Oplosan di Alun-alun BandungKapolres Bandung AKBP Indra Hermawan bersama Bonek. (Foto: Wisma Putra/detikcom)
Dia menyambut hangat suporter Persebaya yang hadir di Kabupaten Bandung. Menurutnya, ratusan Bonek yang dikumpulkan di kawasan Sport Center Si Jalak Harupat bertujuan agar terpantau pihaknya demi menjaga kamtibmas.

"Kami lokalisir agar tidak ke mana-mana dan tidak mengganggu situasi kamtibmas," kata Indra.

Pihaknya menyiapkan tujuh tenda peleton Dalmas Polres Bandung di arena golf. Area ini dilengkapi toilet portabel.
(bbn/bbn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed