detikNews
Senin 04 Maret 2019, 11:56 WIB

Kini Giliran Gadis di Ciamis Mandi Lumpur Protes Jalan Rusak

Dadang Hermansyah - detikNews
Kini Giliran Gadis di Ciamis Mandi Lumpur Protes Jalan Rusak Foto: Istimewa
Ciamis - Jalan rusak sepertinya kini sedang tren dijadikan sebuah objek foto. Setelah aksi ABG di Sumsel, sejumlah anak muda di Kecamatan Lakbok, Kabupaten Ciamis, berfoto ria di jalan Jalur Manganti pada Minggu (3/3/2019). Hal tersebut dilakukan sebagai bentuk protes pada pemerintah karena jalan yang tak kunjung diperbaiki.

Dalam foto terlihat sejumlah anak muda yang berasal dari berbagai desa di Kecamatan Lakbok ini, memprotes jalan yang kondisinya mirip kolam ikan. Gaya yang diambil seperti sedang mancing, dua gadis cantik bergaya ala model dan gaya lainnya. Aksi pemuda ini sontak menghiasi beranda di berbagai media sosial, terutama facebook. Beberapa di antaranya saling membagi foto tersebut dan menjadi perbincangan.



Salah seorang model di aksi itu, Alfi, warga Lakbok mengaku prihatin dengan kondisi jalur Manganti sejak lama rusak, tak mendapat perbaikan. Terlebih saat hujan jalan rusak berlubang itu mirip seperti kolam ikan berukurang besar. Hal itu membuat pengguna jalan terganggu, tak sedikit pengendara sepeda motor terjatuh. Sebab jalan tersebut merupakan salah satu akses bagi perekonomian masyarakat.

"Ini contoh kondisi jalan di pinggiran Kabupaten Ciamis yang sangat parah akses jalannya. Melalui aksi ini, kita akan gerakkan para pemuda, baik dunia maya maupun dunia nyata, untuk menyampaikan bahwa kita di daerah butuh diperhatikan, bukan pusat kota terus," katanya saat dihubungi Senin (4/3/2019).

Pemuda Lakbok Ciamis Juga Protes Jalan Rusak Lewat Aksi FotoFoto: Istimewa


Sebetulnya, aksi protes jalan rusak ini tidak hanya dilakukan kali ini saja. Namun tahun sebelumnya juga dilakukan dengan mengerahkan massa turun ke jalan, hingga menutup jalan berlubang atau aksi tutup 1 000 lubang secara swadaya.

"Gerakan aksi turun ke jalan mengerahkan massa sudah kami lakukan tapi tak ada respon maksimal dari pemerintah, sekarang kami coba aksi di media sosial, memang terinspirasi dari aksi serupa di daerah lain," ujar Muhafid, pemuda Lakbok lainnya.



Nasiran, pemuda lainnya, berharap di tahun 2019 ini warga Lakbok dan sekitarnya serta pengguna jalan, pemerintah serius menggarap pembangunan infrastruktur, terutama akses jalan di daerahnya. Menurutnya, jalan ini sangat vital sebagai salah satu akses menuju Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah.

"Akan terus meramaikan agar publik tahu, terurama pejabat terkait dari tingkat daerah, provinsi sampai pusat bisa tahu kondisi ini, sehingga mereka mengeluarkan kebijakan yang pro rakyat," jelasnya.

Pemuda Lakbok Ciamis Juga Protes Jalan Rusak Lewat Aksi FotoFoto: Istimewa


Nasirin menyebut aksi para pemuda ini tak hanya berhenti di sini, sampai ada langkah nyata dari Pemerintah terkait untuk membangun jalan tersebut.

"Lain kali akan kita buat aksi lagi dengan cara yang unik tapi menyentuh. Kami berharap para pejabatnya mendengarkan dan terketuk untuk memperhatikan kami," pungkasnya.



(ern/ern)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed