DetikNews
Jumat 01 Maret 2019, 16:24 WIB

Dilan Corner Tuai Polemik, Pidi Baiq Tidak Ambil Pusing

Mochamad Solehudin - detikNews
Dilan Corner Tuai Polemik, Pidi Baiq Tidak Ambil Pusing Foto: Hanif Hawari/ detikHOT
Bandung - Penulis novel sekaligus sutradara film Dilan 1990 dan Dilan 1991, Pidi Baiq tidak ambil pusing mengenai polemik pembangunan Dilan Corner di area Taman Saparua Bandung. Dia menghargai pendapat masing-masing pihak baik yang mendukung ataupun tidak mendukung pembangunan 'monumen' tersebut.

"Saya sih tetap pada sikap harus menghargai orang yang rencana bikin Dilan Corner, saya juga sangat menghargai orang yang menentang rencana itu. Karena buat saya pribadi saya tetap Imam Besar The Panasdalam, mau ada Dilan Corner ataupun enggak," katanya melalui pesan singkat, Jumat (1/3/2019).



Dia mengaku sebelum digulirkannya rencana pembangunan Dilan Corner, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil telah berkomunikasi dengannya. Menurutnya, itu sebagai itikad baik dari Ridwan Kamil.

"Karena saya yang bikin Dilan, pastinya apa yang menyakut soal itu, akan izin lebih dulu ke saya. Dan saya sudah bilang, saya selalu ingin jadi orang yang bisa menghargai ide dan pendapat orang lain. Bahkan ketika ada yang menentang rencana itu. Saya juga menghargainya dengan sangat," ucapnya.



Dia juga menyerahkan sepenuhnya terhadap pihak terkait akan diteruskan atau tidak pembangunan Dilan Corner itu. Ia enggan memusingkan masalah itu.

"Mau ada yang bikin Taman Dilan silahkan, mau ada yang bilang buku dan film Dilan bagus silahkan. Mau ada yang bilang buku dan film tidak mendidik, silahkan. Mau ada yang bilang saya manusia, silahkan. Mau ada yang bilang vampir silahkan. Mau gimana pun, saya tetap saya yang harus pulang ke rumah saya di Ciwastra," selorohnya.


Video: Ditonton 800 Ribu di Hari Pertama, Dilan 1991 Pecahkan Rekor

[Gambas:Video 20detik]



Pria yang akrab dipanggil 'ayah' ini juga menyatakan keberadaan Dilan Corner bisa membuatnya jaya karena banyak yang memuja. "Menggelikan sekali jika saya ingin jaya karena puja. Dan juga tak akan mati karena caci. Biasa saja, duniawi semuanya," tandasnya.


(mso/ern)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed