detikNews
Kamis 28 Februari 2019, 12:20 WIB

Kuatkan Sinergisitas, SAR Bandung Siap Hadapi Bencana di Jabar

Wisma Putra - detikNews
Kuatkan Sinergisitas, SAR Bandung Siap Hadapi Bencana di Jabar Peralatan dimiliki Kantor SAR Bandung. (Foto: Wisma Putra/detikcom)
Kabupaten Bandung - Kantor SAR Bandung dalam rentang waktu Januari-Februari 2019 telah menangani 23 kejadian bencana alam di Jawa Barat (Jabar). Pihaknya menguatkan sinergisitas dengan instansi lainnya guna menghadapi peristiwa bencana yang rawan terjadi di Jabar.

Upaya kerja sama dengan TNI, Polri dan pemerintah daerah terus digulirkan Kantor SAR Bandung untuk melaksanakan operasi SAR yang bersinergi dan terpadu. "Jabar salah satunya lumbung bencana. Dari data yang ada penanganan bencana dari Januari-Februari kurang lebih 23 kejadian yang kita tangani," kata Kepala Kantor SAR Bandung Deden Ridwansyah usai memimpin upacara Hari Jadi ke-47 Basarnas di Kantor SAR Bandung di Jalan Raya Bandung-Garut, Kabupaten Bandung, Kamis (28/2/2019).


Bertepatan hari ulang tahun Basarnas, Deden menegaskan Kantor SAR Bandung yang bertugas mencakup daerah-daerah di Jabar senantiasa memberikan pelayanan prima dan terpadu. "Kehadiran unsur TNI Polri dan pemerintah daerah dan masyarakat ini membuktikan bahwa sinergitas sudah terpadu. Harapannya, pada saat terjadinya bencana di Jabar kita bisa menyelesaikan dengan baik," tuturnya.

Menurut dia, kebersamaan itu sudah terwujud baik di lapangan atau lokasi operasi SAR. Pihaknya pun sudah mempersiapkan diri menghadapi kejadian bencana alam di Jabar pada 2019 ini.

"Kita sudah bersinergi, kalau itu sudah bergabung saya yakin tidak ada persoalan yang tidak bisa kita selesaikan," ujar Deden.


Usai melakukan upacara, Deden bersama rombongan langsung meninjau pameran peralatan SAR. Peralatan-peralatan canggih dan terbaru dipamerkan.

Menurut Deden, selain sinergisitas, pihaknya sudah mempersiapkan peralatan yang mendukung kelancaran operasi SAR. "Peralatan kita maksimalkan yang sudah ada. Kita terus mengupayakan peralatan baru sesuai tuntutan zaman," ucap Deden.
(bbn/bbn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com