detikNews
Selasa 26 Februari 2019, 13:19 WIB

Ridwan Kamil Fokus Kembangkan Jabar Selatan

Mochamad Solehudin - detikNews
Ridwan Kamil Fokus Kembangkan Jabar Selatan Gubernur Jabar Ridwan Kamil di Unpad. (Foto: Mochamad Solehudin/detikcom)
Bandung - Gubernur Jabar Ridwan Kamil berkomitmen untuk mengembangkan wilayah Jabar Selatan. Berbagai rencana tengah disiapkan, salah satunya membangun jalur kereta di sepanjang wilayah tersebut.

Emil, sapaan akrab Ridwan menuturkan, rencana pembangunan jalur kereta itu sebagai upaya meningkatkan geliat ekonomi Jabar selatan yang selama ini belum mendapat banyak sentuhan. Padahal Jabar selatan menyimpan banyak potensi terutama pariwisata yang bisa dikembangkan.

"Jabar punya potensi besar (soal laut) di utara punya garis pantai 350 km, di selatan 398 km. Dan kami sudah komit Jabar dalam lima tahun ke depan akan banyak fokus pengembangan Jabar selatan. Salah satu visi kita akan bangun jalur kereta di sepanjang Jabar selatan," kata Emil, saat menghadiri gelar wicara 'Festival Laut Masa Depan Bangsa' di Kampus Unpad, Jalan Dipatiukur, Kota Bandung, Selasa (26/2/2019).


Menurut dia, pariwisata kelautan di Jabar bisa menjadi primadona di masa depan. Hal ini melihat berbagai potensi laut dan pantai yang indah. Salah satu contohnya di Pangandaran.

Bahkan lanjut dia, saat ini pihaknya tengah berjuang agar Pangandaran bisa menjadi kawasan ekonomi khusus (KEK). "Pariwisata kelautan akan jadi primadona. Dalam dua tiga bulan sedang perjuangan jadi KEK. Kemarin diajukan tapi terlalu fokus pariwisata. Jadi kita revisi ditambah riset-riset bidang kelautan," tutur Emil.

Dalam kesempatan itu, dia memuji kinerja Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti. Di bawah kepemimpinannya berbagai potensi laut Indonesia bisa terjaga dan semakin bisa dimaksimalkan untuk kepentingan masyarakat.

"Kita juga harap keberhasilan Kementerian Kelautan dan Perikanan bisa diapresiasi untuk milenial. Bahwa di jaman Ibu Susi kebanggaan kita terhadap kelautan meningkat, ketegasan bidang hukum juga terlihat," ujar Emil.



Simak Juga 'RK Membangun Jabar Tak Andalkan APBD':

[Gambas:Video 20detik]



(mso/bbn)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com