DetikNews
Sabtu 23 Februari 2019, 20:58 WIB

Dear Wisatawan, Kini Keliling Cirebon Cukup Pakai Citros Saja

Sudirman Wamad - detikNews
Dear Wisatawan, Kini Keliling Cirebon Cukup Pakai Citros Saja Cirebon Tourism on Bus alias Citros. (Foto: Sudirman Wamad/deticom)
Cirebon - Warga dan wisatawan di Kota Cirebon kini bisa merasakan berkeliling tempat wisata dengan menggunakan moda transportasi khusus yang diberi nama Cirebon Tourism on Bus alias Citros.

Untuk kali ini Pemkot Cirebon mendapat hibah satu unit Citros dari Pemprov Jabar. Bentuk Citros sendiri serupa dengan pendahulunya Bandung Tour on Bus (Bandros) yang telah lama beroperasi di Kota Bandung.
Wakil Manajer Citros Karsono menjelaskan bus berwarna merah tersebut akan mengantarkan ke sejumlah tempat wisata di Kota dan Kabupaten Cirebon seperti keraton, makam Sunan Gunung Jati hingga wisata belanja batik di Trusmi.

"Citros ini akan mengantarkan dari destinasi wisata ke destinasi wisata lainnya yang ada di Cirebon," ujar Karsono usai rilis Citros di Keraton Kasepuhan Cirebon, Sabtu (23/2/2019).

Untuk memanjakan calon penumpang, pengelola menjanjikan sedang menyiapkan sejumlah layanan baik yang bersifat langsung atau digital. "Di media sosial juga harus mudah diakses informasi tentang Citros ini. Kita akan melayani masyarakat dengan mudah dan nyaman," ucapnya.

Tidak hanya itu bus yang memiliki kapasitas 20 penumpang itu rencananya akan dibuat lebih menarik. Salah satunya dengan menyediakan mini kafe dan distro.

"Kita akan buat mini kafe, kemudian ada distro oleh-oleh khas Cirebon. Operator bus itu hanya sopir dan pemandu," katanya.

Nantinya, kata Karsono, Citros akan beroperasi dengan plat nomor berwarna kuning. Sebab wisatawan yang menggunakan jasa Citros dikenakan tarif sebesar Rp 5 ribu untuk satu kali keliling.

"Pakai yang kuning platnya. Kalau di Surabaya itu merah, karena menggunakan kompensasi pengelolaan sampah. Kuning karena memungut tarif dari penumpang," ucapnya.
Dear Wisatawan, Kini Keliling Cirebon Cukup Pakai Citros SajaFoto: Sudirman Wamad
Sementara itu Sultan Kasepuhan Cirebon Sultan Sepuh PRA Arief Natadiningrat mendukung langkah Pemprov Jabar dan Pemkot Cirebon untuk meningkatkan pariwisata Cirebon dan sekitarnya. Menurut Arief potensi wisata di Cirebon dan sekitarnya sangatlah besar.

"Di Cirebon dan sekitarnya itu ada banyak tempat wisata, ada wisata sejarah, budaya, belanja, ziarah, pegunungan, pantai dan lainnya. Sekarang rata-rata per tahun itu satu juta wisatawan, semoga ke depannya semakin meningkat," katanya.

Di tempat yang sama Sekda Pemprov Jabar Iwa Karniwa mengatakan Jabar memiliki potensi wisata yang tak kalah menarik dengan daerah lainnya.

"Menurut Menpar itu, sektor wisata bisa mendongkrak kesejahteraan masyarakat. Sekarang kita terus berbenah untuk meningkatkan pariwisata di Jabar," kata Iwa dalam sambutannya.
(tro/tro)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed