DetikNews
Sabtu 23 Februari 2019, 10:20 WIB

Polres Ciamis Ajak Ribuan Milenial Peduli Selamat Lalu Lintas

Dadang Hermansyah - detikNews
Polres Ciamis Ajak Ribuan Milenial Peduli Selamat Lalu Lintas Polres Ciamis ajak milenial peduli keselamatan berlalu lintas. (Foto: Dadang Hermansyah/detikcom)
Ciamis - Polisi menggelar sosialisasi lalu lintas bertajuk 'Millennial Road Safety Festival' di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, dengan jalan sehat dan senam kolosal milenial bersama ribuan Pelajar dan warga di Alun-alun Ciamis, Sabtu (23/2/2019).

Kegiatan ini bertujuan untuk mengurangi angka kecelakaan lalu lintas. Berdasarkan data dari Polres Ciamis, angka kecelakaan lalu lintas 60 persen korban merupakan usia produktif antara 17-35 tahun atau yang lahir tahun 1980 hingga 2000an.

"Pada momen jalan sehat dan senam kolosal milenial ini, kami mengajak kaum milenial untuk selamat berlalu lintas di jalan raya. Karena menurut penelitian 60 persen dari korban yang meninggal itu usia milenial," ujar Kapolres Ciamis AKBP Bismo Tegun Prakoso.
Polisi Ciamis Ajak Ribuan Milenial Peduli Selamat Lalu LintasFoto: Dadang Hermansyah
Bismo menjelaskan selain senam kolosal dan jalan sehat, dilakukan penyerahan pataka milenial, deklarasi tertib lalu lintas, freestyle sepeda motor dan hiburan grup band lokal Masterplan juga band ibu kota Geisha.

"Ada empat komponen di jalan yang menjadi faktor kecelakaan di jalan raya, yakni pengendara, kendaraannya, cuaca dan termasuk kondisi jalan. Mari kita tumbuhkan kesadaran tertib lalu lintas, lengkapi surat-surat kendaraan seperti SIM dan STNK, itu berarti sudah layak menggunakan sepeda motor. Kalau belum punya ya tidak boleh," ucapnya.
Polisi Ciamis Ajak Ribuan Milenial Peduli Selamat Lalu LintasFoto: Dadang Hermansyah
Dalam berkendara, kata Bismo, bukan hanya pengendaranya saja yang harus berkonsentrasi. Namun yang dibonceng dan pengguna jalan lainnya.

"Kegiatan ini tidak hanya seremonial saja, tapi harus diimplementasikan dan menjadi budaya dalam menjaga keselamatan berlalu lintas, terutama generasi melenial," ujar Bismo.
(tro/tro)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed