DetikNews
Kamis 21 Februari 2019, 12:08 WIB

Puluhan Hakim PN Bandung Komitmen Bebas Korupsi

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Puluhan Hakim PN Bandung Komitmen Bebas Korupsi Foto: Dony Indra Ramadhan
Bandung - Puluhan hakim Pengadilan Negeri (PN) Bandung meneken kesepakatan untuk bebas praktik korupsi. Hakim dituntut menjaga integritas dan menghindari praktik-praktik kotor selama menangani perkara.

Komitmen tersebut disampaikan saat penandatanganan pakta integritas hakim dan perangkat persidangan di PN Bandung, Jalan LLRE Martadinata, Kota Bandung, Kamis (21/2/2019).

"Saya ingin mulai detik ini, ubah sikap dan perilaku karena tidak ada artinya. Kita kembalikan ke dalam bahwasanya untuk keinginan tidak melakukan perbuatan tercela," ucap Kepala PN Bandung Edison Muhamad.

Edison mengatakan pencanangan PN Bandung sebagai wilayah bebas korupsi (WBK) dan wilayah birokrasi bersih melayani (WBBM) bukan yang pertama. Menurutnya, jauh-jauh hari komitmen ini sudah dilakukan dan diingatkan kepada seluruh hakim serta pegawai PN Bandung.

"Sehingga pada saat ini kita mengingatkan kembali bahwa jangan lupa setiap saat untuk personel Pengadilan Negeri Bandung mengingatkan untuk jangan melakukan tindakan korupsi," kata Edison.

Berbagai modus praktik korupsi di lingkungan PN Bandung bisa terjadi dengan berbagai cara, salah satunya jual-beli perkara. Edison menegaskan praktik tersebut sudah tak terjadi di PN Bandung.

"Sudah tidak ada lagi, jadi sekarang bisa lihat sendiri dengan adanya pelayanan terpadu itu betul-betul kita menghindari kontak langsung dengan para pihak," kata dia.
(dir/ern)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed