DetikNews
Rabu 20 Februari 2019, 16:19 WIB

Pekerja Masjid Terapung Al Jabbar Tewas Terjatuh dari Kubah

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Pekerja Masjid Terapung Al Jabbar Tewas Terjatuh dari Kubah Masjid Al Jabbar di kawasan Gedebage Bandung. (Foto: Satria Nandha/detikcom)
Bandung - Seorang pekerja masjid terapung Al Jabbar Bandung mengalami kecelakaan kerja. Pekerja tersebut tewas akibat terjatuh dari ketinggian 30 meter saat mengerjakan kubah masjid milik Pemprov Jabar itu.

Insiden tersebut berlangsung di lahan proyek Masjid Al Jabbar di Jalan Cimincrang, Kecamatan Gedebage, Kota Bandung, Rabu (20/2/2019), pukul 09.00 WIB. Korban diketahui bernama Ahmad Sujai (36), warga Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat.

"Berdasarkan keterangan dokter, korban meninggal dunia dalam perjalanan ke rumah sakit. Sekarang sudah dibawa oleh keluarganya ke Purwakarta," ucap Kapolsek Gedebage Kompol Oesman Imam saat dikonfirmasi wartawan.


Oesman mengatakan kejadian berawal saat korban tengah menangani bagian kubah masjid tersebut. Saat itu, diduga tali penopang tidak mengait.

"Memang tidak mengait. Karena kan kalau pindah-pindah posisi itu harus dikaitkan. Sehingga terjatuh dari ketinggian sekitar 25 atau 30 meter gitu," kata Oesman.

Korban mengalami luka lengan kanan patah. Korban sempat dilarikan ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bandung di Ujungberung. Namun nyawanya tak tertolong.


Oesman menegaskan peristiwa tersebut murni kecelakaan kerja. Sebab, menurut dia, selama ini proyek tersebut menjalankan sesuai sistem operasional prosedur (SOP) pekerja yang sesuai.

"Jadi memang kelalaian orang, bukan kelalaian dari sistem, karena saya sering ke sini. SOP-nya setiap pagi memang briefing untuk keselamatan kerja dan evaluasi," ujar Oesman.
(dir/bbn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed