DetikNews
Rabu 20 Februari 2019, 14:30 WIB

Bupati Kuningan Kutuk Kades Tak Pro Jokowi, 7 Saksi Diperiksa

Sudirman Wamad - detikNews
Bupati Kuningan Kutuk Kades Tak Pro Jokowi, 7 Saksi Diperiksa Bupati Kuningan Acep Purnama (Foto: Sudirman Wamad/detikcom)
Kuningan - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) memanggil tujuh orang untuk dimintai keterangan terkait video viral Bupati Kuningan Acep Purnama soal mengutuk kepala desa (kades) yang tak mendukung Jokowi. Tujuh orang itu diperiksa sebagai saksi.

Komisioner Bawaslu Kuningan Abdul Jalil Hermawan mengatakan selain Acep Purnama, pihaknya memanggil Wakil Bupati Kuningan M Ridho Suganda dan sejumlah panitia acara Tim Akar Rumput-Kabupaten Kuningan yang mendeklarasikan dukungan terhadap Jokowi-Ma'ruf Amin.

"Ada tujuh orang yang kita panggil. Sebenarnya beliau (Acep) jadwalnya itu jam 15.00 WIB, karena ada agenda jadi dimajukan. Selain bupati, kita juga undang wakil bupati dan dari kepanitiaan acara itu," kata Jalil di kantor Bawaslu Kuningan, Jawa Barat, Rabu (20/2/2019).


Jalil menjelaskan pemanggilan tersebut merupakan langkah klarifikasi untuk membuat kajian soal ada atau tidaknya pelanggaran pemilu. "Kita diberi waktu selama tujuh hari. Kalau tujuh hari itu belum selesai, maka ditambah tujuh hari," ucapnya.

Sebelumnya, Acep dicecar sebanyak tujuh pertanyaan oleh Bawaslu terkait video viralnya. Dalam video itu, Acep membicarakan soal dana desa di hadapan relawan Jokowi-Ma'ruf Amin yang tergabung dalam Tim Akar Rumput-Kabupaten Kuningan. Acep pun mengutuk kepala desa (kades) yang tak mendukung Jokowi. Karena, menurut Acep, rezim Jokowi berhasil membangun desa melalui dana desa.

"Itu bukan materi, tapi semangat saya. Total tujuh pertanyaan yang disampaikan ke saya,"ucap Acep usai dimintai klarifikasi di kantor Bawaslu Kuningan.
(bbn/bbn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed