DetikNews
Selasa 19 Februari 2019, 16:38 WIB

Luhut: Program Citarum Harum Bukan Pencitraan

Wisma Putra - detikNews
Luhut: Program Citarum Harum Bukan Pencitraan Menko Maritim Luhut Binsar Pandjaitan (Foto: Wisma Putra/detikcom)
Kabupaten Bandung - Pemerintah pusat turun tangan menyelamatkan Sungai Citarum. Menko Maritim Luhut Binsar Pandjaitan menegaskan normalisasi bukan program pencitraan yang dilakukan pemerintah era Presiden Joko Widodo.

"Sekarang gaungnya sudah dilihat oleh internasional bahwa Indonesia sudah terlihat serius. Jadi kalau ada orang mengatakan bahwa kita pencitraan, kita jauh dari itu, karena ini menyangkut masalah masa depan daripada rakyat Jawa Barat di bantaran Sungai Citarum," kata Luhut usai menghadiri Pameran Citarum Expo 2019 di Gedung Sabilulungan, Soreang, Kabupaten Bandung, Selasa (19/2/2019).


Menurutnya, Citarum menentukan keberlangsungan hidup masyarakat yang bergantung kepada sungai terbesar di Jawa Barat ini. Luhut mengajak semua pihak untuk mendukung program Citarum Harum.

"Kalau kotor, ikan-ikan yang diproduksi tercemar, bayi yang dilahirkan kena kuntet (gagal tumbuh). Kita tidak mau, generasi orang Jawa Barat nanti kuntet karena kita salah. Sekarang kita semua, media juga sama, saya minta kita jangan bertengkar. Dipimpin pak gubernur, ayo kita kerja," tutur Luhut.

Ditanya hasil audit BPK RI terkait laporan program Citarum Harum yang tidak memuaskan, Luhut tak mengetahui soal itu.

"Saya enggak tahu auditnya, wong (program Citarum Harum) baru setahun," ujar Luhut menegaskan.




Saksikan juga video 'Jokowi: Revitalisasi Hulu Sungai Citarum Ditargetkan Selesai 7 Tahun':

[Gambas:Video 20detik]


(bbn/bbn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed